Siapa #HaloKawan yang sering menggunakan emoji saat menulis di media sosial? Kirim chat akan lebih ekspresif jika ditambah dengan ‘bumbu-bumbu’ emoji.

Menurut USA Today, ternyata manusia di dunia menggunakan lebih dari 10 miliar emoji setiap harinya, bahkan mendekati 7 juta per menitnya. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Emoji bisa jadi media untuk membantu membentuk konektivitas digital kita dengan orang lain. Kuning-kuning kecil begitu, memangnya apa sih pentingnya menggunakan emoji dalam tulisan digital? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Menggunakan Emoji dalam Tulisan

Menggunakan emoji sesuai konteks dalam tulisan bisa membantu kita menjelaskan pesan dengan baik saat berkomunikasi, sehingga tidak terjadi miskomunikasi. Sesederhana ini, tapi bisa membantu penyampaian pesan #HaloKawan yang punya brand lho di media sosial.

Emoji sudah menjadi bagian alami ketika kita berkomunikasi secara online dan bisa digunakan untuk  riset konsumen. Lewat mengetahui emoji yang paling sering digunakan, kita bisa tahu gaya berkomunikasi seperti apa yang membuat audiens kita merasa nyaman dan tertarik.

Berikut MinKa paparkan lebih spesifik lagi soal manfaat penggunaan emoji dalam tulisan!

1. Komunikasi Visual yang Efektif

Emoji melampaui adanya hambatan perbedaan bahasa. Ketika menggunakan emoji, audiens yang tidak mengerti bahasa sepenuhnya pun bisa mengerti tone of voice yang dibawa penulis sehingga dapat memudahkan pemahaman.

Pengguna media sosial juga lebih cepat paham konten dengan visual daripada hanya tulisan.

2. Personalisasi dan Branding

Brand bisa menggunakan emoji tertentu untuk mengomunikasikan produk mereka agar lebih mudah diterima pasar. Bahkan, emoji yang digunakan dapat melekat dengan brand identity. Menggunakan emoji yang senada dan sesuai tone of voice secara konsisten di media sosial bisa membuat brand presence #HaloKawan lebih mudah diingat masyarakat.

Cara ini dahulu pernah digunakan oleh Pizza Domino’s

Domino’s Pizza menggunakan emoji sebagai bentuk campaign #EasyOrder di Twitter. Konsumen bisa memesan pizza Domino’s hanya dengan nge-tweet emoji pizza (🍕)! Campaign ini bikin Domino’s Pizza jadi top of mind karena cara campaign emoji-nya yang unik banget.

3. Menarik Perhatian dan Memancing Engagement

Ternyata,  mengunggah post ke media sosial menggunakan emoji bisa memancing engagement pengguna lainnya, loh!

Emoji akan membuat unggahan kita lebih menonjol di antara teks-teks yang lain sehingga mendorong audiens untuk berinteraksi dengan konten. Emoji juga membuat tone of voice pesan kita jadi lebih santai, sehingga audiens tidak segan untuk berinteraksi di bawah post yang kita unggah.

10 Emoji yang Paling Sering Digunakan di Media Sosial!

Tertarik menggunakan emoji untuk membantu komunikasi brand kamu di media sosial? Nah, berikut MinKa paparkan 10 emoji yang paling sering digunakan pada 2023 sesuai Usa Today!

  1. Face with Tears of Joy (😂)

Emoji ini paling sering digunakan untuk mengekspresikan ekspresi tertawa dan humor akan suatu hal. Selain itu, emoji ini juga salah satu yang paling populer untuk menggambarkan kegembiraan dan kebahagiaan.

2. Red Heart (❤️)

Emoji dengan bentuk hati merah merupakan simbol klasik untuk cinta dan kasih sayang. Ketika kamu hendak mengekspresikan cinta, dukungan maupun rasa kagum, kamu dapat menggunakan emoji ini.

3. Smiling Face with Heart-Eyes (😍)

Emoji ini paling sering digunakan untuk menyampaikan perasaan kagum terhadap seseorang ataupun sesuatu. Kamu dapat mengekspresikan ketertarikan menggunakan emoji ini.

4. Smiling Face with Smiling Eyes (☺)

Ketika hendak mengekspresikan ramah dan hangat, kita dapat menggunakan emoji ini. Emoji ini juga bentuk dari kebahagiaan, kepuasan, dan senyuman yang tulus.

5. Folded Hands (🙏)

Pastinya kalian tidak asing dengan emoji ini! Emoji tangan terlipat ini adalah bentuk gestur doa, rasa syukur ataupun dapat digunakan untuk mengungkapkan kehormatan. Selain itu juga mengungkapkan permohonan bantuan atau dukungan, serta terima kasih.

6. Rolling on The Floor Laughing (🤣)

Emoji yang memperlihatkan bentuk tertawa hingga menangis ini digunakan untuk merayakan atau simbol kegembiraan. Dapat digunakan untuk menandai sebuah peristiwa yang istimewa.

7. Sparkles (✨)

Emoji berkilau ini dapat digunakan ketika menggambarkan sesuatu yang menakjubkan, ajaib dan mempesona. Dapat juga digunakan untuk mewakili perasaan fantastis dan magis.

8. Fire (🔥)

Makna dalam emoji api ini jarang digunakan untuk benar-benar menggambarkan api. Namun biasanya emoji ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki intensitas, semangat, cuaca yang panas hingga makanan pedas.

9. Loudly Crying Face (😭)

Banyak sekali orang yang menggunakan emoji wajah menangis ini untuk berbagai kondisi emosional dari sedih, kecewa bahkan juga menangis bahagia.

10. Smiling Face with Hearts (🥰)

Ekspresi wajah tersenyum dengan hati ini dapat menggambarkan seseorang yang kasmaran, penuh kasih sayang dan cinta terhadap seseorang maupun sesuatu. Sering juga digunakan untuk sesuatu yang dianggap menarik atau manis.

Kesimpulan

Emoji bisa membuat pesan brand di media sosial jadi lebih santai dan bermakna. Gunakan emoji yang sesuai brand voice dan brand tone agar citra brand #HaloKawan jadi lebih fleksibel dan tidak kaku.

Hal ini bisa meningkatkan  user experience, karena audiens lebih tetarik untuk engage pada sesuatu yang santai dan ringan

Gimana? #HaloKawan sudah siap menggunakan emoji di media sosial brand kamu selanjutnya? Kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada sesamamu ya! Ikuti terus HalokaTalks agar tidak ketinggalan brand news, marketing tips, dan social media update selanjutnya!

Penulis: Adellia Gracia Christy
Penyunting: Gracia Yolanda Putri dan Deborah Patricia

Sumber: