Siapa sih yang tidak mengenal Instagram? Platform ini jadi media sosial yang paling banyak digunakan keempat di dunia, dengan rekor hampir 1,5 miliar user (We Are Social, 2022). User juga menghabiskan sampai 11 jam setiap bulannya cuma untuk scrolling Instagram.

Makanya, Instagram jadi platform yang pas banget buat brand memperkuat citra sambil mengenalkan produk. Media sosial jadi tempat yang sangat mudah untuk bertemu audiens baru dan tetap berkomunikasi dengan audiens lama.

Brand bisa menyesuaikan gaya konten dengan tujuan perusahaan di media sosial. Meningkatkan engagement, reach, mau redirect traffic, meningkatkan brand awareness. Tapi apa fitur Instagram apa yang tepat buat mengunggah konten untuk mencapai key performance indicator (KPI) untuk menumbuhkan bisnis kamu?

Berikut MinKa sudah rangkum 5 fitur Instagram terpopuler beserta kegunaan serta contoh kontennya untuk #HaloKawan. Simak di bawah ini ya!

1. Story

Fitur Story Instagram
Sumber: about.instagram.com

Story adalah fitur Instagram yang memperbolehkan user untuk mengunggah foto atau video dalam format vertikal yang akan menghilang dalam 24 jam. Cincin berwarna khas Instagram akan terlihat di lingkaran profile picture bila user mengunggah Story, dan bisa dilihat oleh followers di halaman feed mereka.

Story Instagram efektif untuk menyebarkan informasi yang up-to-date dengan cepat. Misalnya, update kegiatan behind the scenes bisnis sehari-hari dan tap in isu yang sedang hangat ke audiens. Atau, apapun informasi penting tentang promo produk di post, bisa kamu share juga di Story.

Kalau mau meningkatkan konversi di platform lain seperti e-commerce atau website resmi, Story juga punya fitur link sharing yang bisa bantu redirecting customer kamu ke halaman lain. Story juga ampuh jadi alat yang meningkatkan engagement dengan mengadakan Q&A, Polls, countdown.

Meningkatkan brand loyalty juga bisa dilakukan lewat story dengan resharing review/testimoni yang diunggah customer kamu secara cuma-cuma. Mereka akan merasa diapresiasi dan jadi pengalaman positif bersama brand kamu!

Kalau #HaloKawan ingin meningkatkan engagement dan loyalty, Story bisa jadi alat yang versatile!

Baca Juga: Instagram Punya 5 Fitur Terbaru! Kamu Jangan Sampe Ketinggalan

2. Post

Post merupakan fitur paling pertama yang diluncurkan Instagram. Dari dulunya yang cuma bisa unggah foto, sekarang Post bisa mengunggah foto dan video, dalam bentuk single post maupun carousel hingga maksimal 10 foto.

Semua post yang kamu unggah dapat terlihat jika user meng-klik profilmu. Oleh karena itu, post jadi alat yang ampuh untuk mengenalkan produk ke audiens baru dan memberikan brand awareness. Tipe-tipe konten yang efektif untuk mengenalkan produk dan brand kamu di antaranya adalah infografis, mini blog, serta kumpulan foto dan video produk yang estetik.

Kamu juga bisa meningkatkan engagement lewat post! Coba tulis mini blog yang relatable dengan audiens kamu, dan sematkan call to action (CTA) yang menarik pada akhirnya. Cara lain adalah coba adakan giveaway yang mengimbau audiens untuk berkomentar.

Sejak 2023, algoritma Instagram mengutamakan post sebuah akun untuk masuk feeds followers mereka. Sehingga, post jadi fitur yang ampuh untuk meningkatkan engagement, brand awareness, dan membangun community!

Baca Juga: Kembali Utamakan Foto, Ini Update Instagram Terbaru Juni 2023

3. Reels

Fitur Reels Instagram
Sumber: about.instagram.com

Reels adalah solusi Instagram untuk mengikuti popularitas short-from video seperti TikTok. Dengan Reels, kamu bisa mengunggah video maksimal 90 detik dengan caption, sound, dan templat video yang sedang trending.

Jadi salah satu fitur yang paling baru, Instagram benar-benar mengedepankan Reels pada 2022. Instagram Reels dilaporkan menghasilkan interaksi 22 persen lebih banyak daripada post video biasa. Sehingga, Reels jadi pilihan yang tepat untuk #HaloKawan yang ingin meningkatkan reach.

Jenis-jenis konten yang efektif di reels di antaranya: behind the scenes pengembangan produk, keseharian staff brand/day in the life, demo/ showcase produk baru, menjawab pertanyaan yang sering muncul, dan rekomendasi produk dalam bentuk video.

Baca Juga: Instagram Reels vs TikTok: Mana yang Lebih Ampuh Membangun Brand Awareness?

4. Broadcast Channel

 Fitur Broadcast Channel Instagram
Sumber: about.instagram.com

Broadcast Channel adalah fitur Instagram paling baru di 2023! Rilis pertama kali pada Februari, Instagram masih mengusahakan sosialisasi dan pemerataan fitur ini di seluruh dunia.

Sederhananya, broadcast channel adalah messaging tool yang memungkinkan creator  mengirim pesan kepada seluruh follower yang setuju mengikuti broadcast channel dalam sekali kirim. Jenis pesan yang dikirimkan tentunya beragam: teks, foto, video, link, post dan reels Instagram, voice note dan masih banyak lagi.

Kemampuan fitur broadcast channel membuat creator bisa dengan mudah me-manage retention audiens. Lewat pemberitahuan konten terbaru, kreator bisa pelan-pelan membangun rasa komunitas dan menciptakan brand loyalty.

Broadcast channel dapat ditemukan user di direct message dengan mudah, sehingga menambah kesan personal.

Baca Juga: Fitur Terbaru Instagram Yang Bisa Membantu Meningkatkan Engagement Rate

5. Collaborative Post/Reels

Fitur Collaborative Post Instagram
Sumber: planable.io

Collaboration Post/Reels adalah fitur tambahan yang memungkinkan kolaborasi antar user dengan sekali tag saja. Fitur ini mengunggah joint post ke feed semua user yang berkolaborasi di dalamnya, sehingga sangat ampuh memaksimalkan brand reach.

Berkolaborasi dengan brand/kreator lain juga dapat mengenalkan brand kamu kepada audiens baru, sehingga meningkatkan brand awareness.

Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke sesama kamu ya! Kalau kamu mau terus update soal brand news, marketing tips, dan social media update, ikuti terus HalokaTalks!

Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Deborah Patricia

Sumber: