Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer digunakan saat ini. Mulai dari usia muda, remaja, hingga dewasa menggunakan Instagram untuk kebutuhan sehari-harinya, seperti membaca berita, mencari informasi ter-update, hingga menggunakan instagram sebagai ladang bisnisnya.

Para business owner kini dipermudah dengan teknologi salah satunya dengan perkembangan Instagram melalui fitur-fiturnya yang canggih. Semakin hari Instagram terus melakukan inovasi terkait pembaharuan fitur-fiturnya yang semakin memudahkan pekerjaan para business owner.

Pastinya bukan suatu hal yang asing untuk business owner melakukan personal branding untuk memperkenalkan brand-nya kepada audiens. Kalau #HaloKawan sadari secara tidak langsung Lebron James, pebasket handal dunia, juga melakukan branding terhadap produk sepatu basket miliknya dengan menggunakan instagram pribadi dan kini produk tersebut sudah dikenal dalam skala dunia dan memiliki banyak peminat.  

Personal branding memiliki peranan yang besar untuk perkembangan brand #HaloKawan. Bayangin aja kalau brand yang #HaloKawan miliki sudah diingat oleh audiens dan punya kesan yang positif di ingatan mereka. Wah pastinya akan sangat mendukung tingkat penjualan dari brand #HaloKawan.

Kali ini Minka mau spill ide-ide konten Instagram yang bisa #HaloKawan gunakan untuk membangun personal branding. Let’s check it out!

1.Storytelling
Konten storytelling bisa menjadi ide nih untuk #HaloKawan dalam memperkenalkan produk atau membangun personal branding dari brand #HaloKawan. Storytelling merupakan sebuah konten yang menggabungkan fakta dan cerita, sehingga penonton tertarik dan cenderung untuk mengikuti konten tersebut sampai akhir. Storytelling dapat dibuat dalam bentuk video maupun tulisan. #HaloKawan bisa menggunakan berita yang sedang trendy dan menggabungkannya dengan value brand, promo, dan sebagainya.

Source: https://www.instagram.com/p/CqDHgPGSDRJ/

2. Question and Answer (QnA)
Konten QnA atau jawab pertanyaan masih menjadi konten yang banyak diminati oleh audiens. Konten ini bisa menarik banyak audiens karena melalui konten ini pertanyaan atau kegelisahan audiens bisa terjawabkan. #HaloKawan bisa memanfaatkan konten ini untuk membangun personal branding dari brand #HaloKawan. Cara #HaloKawan menjawab pertanyaan, berkomunikasi dengan audiens, dapat menjadi celah atau cara untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens terhadap brand #HaloKawan.

3. Carousels
Carousel atau disebut multiple slide posts merupakan fitur untuk mengunggah lebih dari satu konten foto maupun video dalam satu unggahan. Carousel bisa #HaloKawan gunakan loh untuk membangun personal branding, seperti konten-konten yang informatif, #HaloKawan bisa menjelaskannya secara lebih kompleks dengan menggunakan tipe konten carousels. #HaloKawan juga bisa membagikan konten tips & trik sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari audiens.

Source: https://www.instagram.com/p/CoY44-WyBHd/

4. Mini Tutorial - Reels
Kini fitur Reels sedang naik-naiknya loh #HaloKawan, views dan engagement yang besar bisa #HaloKawan gunakan sebagai peluang untuk memperkenalkan brand #HaloKawan. Dengan visual yang menarik ditambah dengan pengemasan cerita yang tidak monoton, konten berbentuk video pendek cenderung lebih mudah menarik perhatian audiens.

Source: https://www.instagram.com/p/CpaBKWCuI4F/

5. Testimonials
Menurut Brightlocal, 91% konsumen membaca ulasan review sebelum melakukan suatu pembelian. Konsumen lebih cenderung mempercayai pendapat konsumen lain daripada apa yang disampaikan oleh brand itu sendiri. #HaloKawan dapat menjadikan konten ini untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap brand #HaloKawan. Tidak ada salahnya konten testimoni diangkat sebagai konten pelengkap pada feeds atau story instagram #HaloKawan.

Source: https://winstarlink.com/

6. Meme
Siapa sih yang tidak suka konten yang lucu atau biasa disebut konten receh? Walaupun sederhana namun konten jenis meme atau konten humor dapat menyentuh emosional audiens loh. Nah konten ini bisa #HaloKawan gunakan untuk menyelingi konten-konten pemasaran #HaloKawan agar kontennya tidak boring dan bisa menarik audiens untuk tetap stay on track mengikuti perjalanan bisnis #HaloKawan. Lebih baik lagi jika #HaloKawan bisa menggabungkan konten meme dengan value brand atau apa yang mau #HaloKawan tunjukkan kepada audiens.

Source: https://www.instagram.com/p/Cm3EoLCy_e_/

7. Konten Promosi
Terakhir, jangan lupa untuk selipkan konten-konten promosi dari brand yang #HaloKawan tawarkan ya. Dengan memposting apa yang #HaloKawan tawarkan, #HaloKawan sedang menumbuhkan awareness di benak audiens. Pastikan konten promosi #HaloKawan memiliki visual yang menarik, pesan yang jelas,  dan mudah dimengerti oleh audiens.

Source: https://www.instagram.com/p/CqFvPnLyDwG/

Nah itu dia 7 ide konten yang bisa #HaloKawan gunakan untuk membangun personal branding di Instagram. Jika ingin tau lebih lanjut mengenai personal branding, #HaloKawan bisa baca artikel lainnya dengan klik link di bawah ini ya!

Baca juga: Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial, Simak 5 Cara ini!

atau #HaloKawan bisa mendapatkan online course secara komplit dengan topik “Build Personal Branding Your Personal Branding” hanya di Website HalokaTalks. Jangan lupa share juga artikel ini buat temen-temen #HaloKawan yang perlu banget tau!


Written by: Catherine Presilia Gunawan

Source:

  1. https://www.brandcredential.com/post/instagram-personal-branding-content-ideas
  2. https://www.brightlocal.com/research/local-consumer-review-survey/#how-are-consumers-using-business-reviews