#HaloKawan ngerasa kagum nggak sih sama strategi marketing-nya Arief Muhammad? Dari awal kemunculannya di Twitter sebagai user poconggg, Arief Muhammad ini memang sering jadi trending topic.
Hari ini kita akan sama-sama belajar marketing viral ala Arief Muhammad. Sebelumnya #HaloKawan bisa juga baca artikel terkait bisnisnya Arhmuh alias Arief Muhammada disini. Nahhh Apa saja sih yang bisa kita petik dari viralnya konten-konten Arief Muhammad, let’s get it!
Be creative, berani out of the box
Audiens akan bosan kalau mendapati konten yang itu-itu melulu, apalagi kalau yang sudah trending dan banyak yang ngelakuin. Beda sama Arief Muhammad yang sering bikin heboh dunia maya dari Twitter hingga Instagram. Masih ingat dong kontennya yang “Siap menjadi nomor 1” seolah-olah lagi nyalon jadi gubernur ternyata eh ternyata lagi promosi sekaligus mengabarkan kalau ia telah mengambil alih sebuah bisnis pakaian.
Viral dengan strategi giveaway
Jika #HaloKawan ingin menggelar giveaway pastikan sudah diperhitungkan jangan sampai boncos dan nggak balik modal ya! Belum lama ini, Arief Muhammad lagi-lagi menggemparkan jagad maya dengan giveaway 100 vespa gratis. Harga vespa jelas nggak murah dan ia bersama @preppstudio membagikan itu secara cuma-cuma serta menggaet influencer ternama untuk ikut menyemarakkan.
Tidak ada salahnya mencoba strategi giveaway ini untuk brand awareness serta engagement #HaloKawan, asalkan dipertimbangkan dengan matang. Saran MinKa sih waktu giveaway sertakan syarat krusial seperti wajib follow akun media sosial dan mention juga supaya ada snowball effect.
Terus berinteraksi dengan followers
Semakin sering berinteraksi dengan followers tentunya akan membangun kedekatan. Bagi followers Instagram @ariefmuhammad atau pernah ngepoin akunnya saat lagi trending dengan marketing viralnya, pasti tahu kalau Arief Muhammad ini sering banget balas direct message followers yang dibagikan melalui stories. Terus bikin audiens merasa dekat, jangan sksd pas ada maunya aja. Komunikasi satu arah itu ngebosenin, pokoknya sering-sering ajak audiens interaksi ya! Sesimpel bikin Q&A atau polling di story.
Buatlah pesan yang mudah diingat
Ngomong-ngomong #HaloKawan tim makan nasi padang pakai tangan atau pakai sendok garpu nih? Berawal dari duel cuitan Arief Muhammad dan Zee JKT 48, akhirnya nama bisnis Rumah Makan Padang Payakumbuah mencuat! Kita tentu sangat bisa relate dengan perdebatan yang terjadi terkait cara makan nasi padang dan ini marketing super cerdas yang mudah diingat. Hal menarik lainnya dari cara mempromosikan rumah makan padangnya, Arief Muhammad ini memang pintar memanfaatkan momen yang sedang trending. Itulah mengapa penting untuk riset sebelum melakukan promosi.
Pilih platform dan format iklan
Setelah melakukan riset pasar, saatnya memilih platform iklan dan format iklan yang melibatkan target market. Penginnya nyasar warga Twitter, Instagram, Tiktok, atau lainnya? Selain terkait target market, perlu mengkaji biaya iklan supaya bisa memilih yang sesuai budget. Untuk bisnis baru yang memiliki anggaran terbatas, bisa mengoptimalkan konten organik dan mulai belajar ngiklan. Jika bisnis #HaloKawan sudah cukup mapan secara finansial bisa berkampanye lebih besar seperti Arief Muhammad yang bagi-bagi 100 vespa limited edition gratis atau Zee JKT48 yang diberikan voucher makan nasi padang gratis seumur hidup di salah satu restoran Padang milik Arief Muhammad.
Practice makes perfect memang bisa menjadi pedoman untuk menghasilkan marketing viral ala Arief Muhammad. Semoga setelah membaca artikel ini #HaloKawan bisa lebih semangat buat ngulik konten yang bisa viral ya! Jangan lupa bagikan tulisan ini ke tim supaya makin semangat berkarya.
Written by: Annisa Widi Astuty
Source:
- https://lakuuu.id/blog/tips-strategi-marketing-arief-muhammad-selalu-viral
- https://influencer101.id/strategi-marketing-arief-muhammad/
- https://blog.brandztory.com/bongkar-strategi-marketing-arief-muhammad-bagi-bagi-vespa/
- https://www.masterclass.com/articles/how-to-create-an-unforgettable-advertisement