Sudah bulan Agustus saja nih, #HaloKawan! Ada apa sih di bulan ini? Ya! Agustus 2023 adalah peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-78!

Tentunya yang paling ditunggu-tunggu (selain upacara peringatan kemerdekaan di Istana Negara) adalah berbagai promo yang disuguhkan brand. Diskon besar dengan harga cantik dan menu terbatas sudah menunggu di bulan Agustus.

Brand sudah berlomba-lomba memberikan promo sejak awal bulan. Salah satunya adalah Pertamina, yang memberikan voucher bensin gratis untuk 20 pembeli pertama bernama “Agus” di SPBU Pertamina wilayah Madiun. Promo ini diadakan setiap hari Jumat selama bulan Agustus.

Selain Pertamina, beberapa brand juga memilih meluncurkan produk edisi spesial kemerdekaan. Di antaranya peluncuran Indonesia Country Tee dari Adidas yang berkolaborasi dengan Tahilalats, Cold Stone Creamery yang mengeluarkan es krim rasa bumbu rujak, menu spesial Burger Balado dan kentang goreng rasa Gulai Gurih di McDonalds Drive Thru, dan masih banyak lagi.  

Para brand yang gencar melakukan promosi di bulan Agustus ini sebenarnya sedang melakukan seasonal marketing, #HaloKawan! Alias, upaya marketing yang dilancarkan pada periode tertentu seperti liburan, hari raya, dan hari peringatan.

Penasaran bagaimana pengertian, manfaat, serta implementasi seasonal marketing? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Seasonal Marketing: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Seasonal marketing adalah promosi yang dibuat brand pada periode tertentu yang memiliki traffic belanja tinggi. Kalau di Indonesia, momentumnya seperti perayaan hari kemerdekaan, hari raya Idul Fitri, Imlek, Natal, dan periode back to school.

Seasonal marketing memanfaatkan excitement dari masyarakat pada hari raya. Promo spesial yang terbatas dapat memberikan kesan fear of missing out (FOMO), sehingga customer akan terdorong untuk membeli. Brand pun dapat meningkatkan sales produk.

Selain itu, momentum hari raya yang banyak promo juga mempercepat konversi customer lead menjadi pembeli. Mumpung promonya sedang besar, sebagian besar customer memilih membeli produk pada momentum seasonal.

Satu manfaat lagi, seasonal marketing dapat meningkatkan brand awareness. Lewat diskon besar-besaran dan poster yang on-theme sesuai hari raya yang ada, brand dapat menarik perhatian banyak customer baru.

Gimana? Tertarik mengimplementasikannya #HaloKawan? Berikut MinKa jabarkan juga cara menciptakan seasonal marketing serta contoh kasusnya dari berbagai promo kemerdekaan tahun ini!

Cara Menciptakan Seasonal Marketing yang Efektif

1. Ketahui niche dan audiens brand kamu

Sebelum memutuskan promosi apa yang akan dilakukan saat periode seasonal, coba review lagi apa niche brand kamu dan apa yang disukai audiens melalui data demografi, analisis kompetitor, sampai berinteraksi langsung dengan mereka.

Jika bisnis #HaloKawan ada di industri yang luas, kamu bisa menawarkan produk spesial/ limited edition yang tidak ada di brand lain.

Contohnya adalah Cold Stone Creamery yang pada momentum HUT RI ke-78 ini menjual es krim dengan rasa bumbu rujak! Unik banget ya? Es krim bumbu rujak ini bisa kamu dapatkan dari 10 hingga 31 Agustus 2023 di semua gerai.

Alt Text: Es krim rasa bumbu rujak dari Cold Stone Creamery.
Es krim rasa bumbu rujak dari Cold Stone Creamery spesial promo kemerdekaan Indonesia. Berlaku sejak 10-31 Agustus 2023 saja. (Sumber: Media Indonesia)

2. Bersiap sebelum periode seasonal marketing

Siapkan seasonal marketing kamu sebelum dimulai! Setidaknya kamu harus nge-hype pada audiens sejak 2 minggu sebelum mulai periode seasonal marketing. Oleh karena itu, perencanaan promosinya bisa dimulai sejak jauh-jauh hari.

Kamu bisa menyiapkan konsep visual yang eye catching untuk campaign seasonal marketing agar eye catching!

3. Bangun campaign sesuai sentimen musimnya

Kampanye sesuai sentimen musimnya bisa memengaruhi customer untuk konversi, lho! Kalau kemerdekaan Indonesia, tentunya punya sentimen nasionalisme dan rasa syukur atas para pahlawan.

Nah, Adidas tidak mau ketinggalan nih dengan seasonal marketing-nya di bulan Agustus. Mereka berkolaborasi dengan seniman komik lokal Tahilalats, dan merilis Indonesia Country Tee spesial untuk momen kemerdekaan Indonesia.

Campaign Adidas X Tahilalats ini sesuai banget sama sentimen kemerdekaan Indonesia. Komikus Tahilalats, Nur Fadli Mursiding, mengatakan kalau desain kolaborasi ini terinsipirasi dari Bhineka Tunggal Ika. Ia terpukau dengan berbagai aktivitas dan budaya Indonesia yang berasal dari macam-macam latar belakang. Salut banget!

Kolaborasi Adidas X Tahilalats
Adidas dan Tahilalats merilis Indonesia Country Tee spesial kemerdekaan Indonesia yang terinspirasi dari Bhineka Tunggal Ika. (Sumber: Adidas X Tahilalats)

4. Maksimalkan diskon

Melancarkan promosi juga soal pintar-pintar main kata-kata diskon nih, #HaloKawan! Selain memberikan diskon yang besar, cara menyampaikannya juga harus menarik biar orang melirik.

Daripada langsung bilang nominal diskonnya, kamu bisa coba pakai persenan. Kalau harga barang 50 ribu, daripada bilang potongan 5 ribu, lebih baik bilang diskon 10 persen. Nominal yang lebih besar ampuh menarik customer!

Contohnya adalah Holland Bakery yang pintar memainkan kata-kata potongan harga di bulan Agustus ini! Ketentuan mereka adalah kamu bisa beli all item seharga 78 persen saja.

Kalau yang baca sekilas, bisa mengartikan kalau Holland Bakery diskon all item sebesar 78 persen. Padahal, maksudnya diskonnya hanya 22 persen! Promo ini berlaku 17-18 Agustus 2023.

Promo gebyar kemerdekaan Holland Bakery
Customer hanya perlu membayar 78 persen dari harga biasa untuk semua item di Holland Bakery pada 17-18 Agustus 2023. (Sumber: Holland Bakery)

5. Amplifikasi promosi

Kalau #HaloKawan memutuskan meluncurkan seasonal marketing, jangan lupa amplifikasikan promosinya ya! Misalnya, unggah posternya melalui media sosial, atau kalau mau jangkauannya lebih luas lagi bisa bekerjasama dengan influencer/KOL!

Jangan sampai ide seasonal marketing yang kamu rancang tidak terdengar oleh para customer di periode sempit tersebut. Terus amplifikasi promosi biar customer merasa tidak boleh ketinggalan.

Kalau artikel ini bermanfaat buat kamu, jangan lupa bagikan kepada sesama ya! Jika ingin terus update soal brand news, marketing tips, dan social media update, ikuti terus HalokaTalks!


Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Deborah Patricia

Sumber: