Sebelum jauh membuat strategi pemasaran agar produk yang ditawarkan diterima oleh konsumen, perhatikan dahulu bagaimana suatu brand ingin dilihat oleh konsumen. Para pebisnis terkadang melupakan hal ini, karena terlalu fokus pada penjualan dan keuntungan.

#HaloKawan tau ga sih? Keberhasilan suatu bisnis, berasal dari perpaduan antara produk yang ditawarkan, kualitas dan image yang terbentuk atau yang disebut dengan brand image.

Pengertian Brand Image

Source: Pexels.com
Source: Pexels.com

Brand image merupakan persepsi konsumen terhadap suatu brand. Lebih sederhananya, adalah persepsi konsumen kepada brand yang didasarkan pada interaksi, pengalaman atau keyakinan konsumen.

Persepsi konsumen sangat berpengaruh terhadap penjualan, secara psikologis, orang yang memutuskan untuk membeli suatu produk akan berdasarkan pada cerita dari orang-orang terdekat,  pengalaman dan apa yang dilihat (media sosial atau internet) untuk menghindari kerugian.

Pentingnya Membangun Brand Image Untuk Pertumbuhan Bisnis

Source: Unsplash.com/photo by airfocus
Source: Unsplash.com/photo by airfocus

1. Membangun Kepercayaan

Menurut smallbizgenius.net, 89% konsumen lebih loyal terhadap suatu brand yang memiliki nilai yang serupa dengan yang mereka percaya. Memiliki Brand image mampu menciptakan hubungan secara emosional dengan konsumen, yang mana hal itu berkaitan dengan kepercayaan konsumen terhadap suatu brand.

2. Memiliki Keunikan dari Kompetitor

Keunikan akan menjadi perbedaan pada suatu brand meskipun memiliki produk yang serupa. Unik dan menarik pada brand mampu memudahkan konsumen untuk mengingatnya.

3. Lebih Mudah Menawarkan Produk Baru

Seperti yang sudah disebutkan diatas, begitu kepercayaan konsumen sudah tercipta maka saat brand mengeluarkan produk baru, bukan tidak mungkin konsumen akan langsung mencobanya.

Misalnya apple, setiap apple mengeluarkan produk iphone seri terbaru, pasti akan ada konsumen yang rela mengantri dan membelinya.

Cara Membangun Brand Image Agar Mampu Bersaing

 Source: Unsplash.com/ Photo by Brands&People
Source: Unsplash.com/ Photo by Brands&People

1. Pahami Target Audiens

Memahami target audiens memberikan jalan pintas dalam membuat strategi promosi yang efektif dan efisien. Identifikasi target audiens dimulai berdasarkan umur, behavior, lokasi geografis, budaya, bagaimana cara mereka berbelanja dan lain sebagainya.

Perlu diingat, memahami target audiens secara spesifik menjadi pintu gerbang keberhasilan suatu brand mudah dikenali oleh konsumen.

2. Tentukan Tujuan Brand

Tujuan bisnis pastinya ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, namun yang harus dipahami adalah, apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Bila hanya terfokus pada pengembangan tanpa tujuan yang jelas, hanya akan membuang waktu dan sumber daya.

3. Menetapkan Brand Persona

Setelah memahami target audiens dan tujuan bisnis langkah selanjutnya adalah menentukan brand persona.

Persona yang akan dibangun harus relevan dan sederhana, sesuai dengan target audiens, dibuat dengan menarik serta memberikan manfaat terhadap konsumen, karena hal ini akan menggambarkan citra brand dimata konsumen.

4. Mempelajari Brand Value

Untuk menyempurnakan brand persona, suatu brand harus memiliki value yang berbeda dari kompetitor, seperti kualitas produk, harga, kemudahan dalam membeli dan lain sebagainya agar brand image yang terbentuk tetap konsisten dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

5. Membuat Konten Pada Media Sosial

Membuat konten di media sosial merupakan sarana yang efektif dalam membangun brand image terhadap konsumen, seperti membuat konten artikel, video dan berbagai jenis konten lainnya yang berkaitan dengan bisnis. Ini menjadi nilai serta jembatan bagi brand untuk lebih dekat dengan konsumen. Hal tersebut membuat brand image makin cepat dikenali konsumen.

6. Tetap Kreatif

Kunci kesuksesan suatu brand di era saat ini adalah ide yang kreatif. Menciptakan ide-ide yang menarik dan kreatif meningkatkan brand image menjadi lebih kuat dan memiliki keunggulan dari para kompetitor.

Itulah beberapa cara dalam membangun brand image dan manfaatnya bagi perkembangan sebuah brand.

Era bisnis saat ini tidak lagi hanya menekankan pada keunggulan produk tetapi bagaimana strategi brand menciptakan image yang sesuai dengan tujuan dan diterima oleh konsumen.

Jika #HaloKawan suka artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman #HaloKawan ya!

Kalau #HaloKawan ingin belajar mengenai branding business, social media marketing, personal branding, communication business dan masih banyak lainnya, #HaloKawan bisa lihat informasi lengkapnya di media sosial halokatalks.


Written by: Dimas Prasetyo

Source:

  1. https://www.masterclass.com/articles/brand-image-explained
  2. https://www.walkersands.com/how-to-build-a-strong-brand-image/
  3. https://bigcornercreative.com/why-a-positive-brand-image-is-important-for-your-business/
  4. https://www.smallbizgenius.net/by-the-numbers/branding-statistics/#gref
  5. https://www.feedough.com/brand-image-explanation-examples/