Beberapa hal yang akhirnya menjadi viral atau terkenal saat ini berasal dari keunikan atau yang tampil berbeda. Hal ini tentunya menjadi strategi marketing baru bagi brand untuk dituntut berinovasi tanpa batas (tidak mengandung SARA).

Memiliki keunikan pada brand akan menjadi identitas dari sebuah brand tersebut bahkan bisa dibilang menjadi ciri khas. Salah satunya adalah maskapai penerbangan asal Indonesia, yaitu Citilink.

Citilink Indonesia memiliki ciri khasnya yang kuat dan unik bahkan menjadi brand identity, ketika terbang bersama Citilink dan #halokawan sebagai penumpang pasti akan menunggu pantun apa yang diucapkan oleh pramugari Citilink, sungguh mengasikan dan seru.

Nah, baru-baru ini Citilink Indonesia menjadi pembicaraan di media sosial karena membuat program lelang saat penerbangan. Dilansir dari kompas.com, ini bermula dari unggalan Clara yang memposting video dengan rute Jakarta- Singapura pada Kamis, 16 Maret 2023 lalu. Kemudian video itu menjadi ramai di media sosial.

Citilink Indonesia bisa dibilang menjadi panutan dalam keberanian dalam membuat inovasi atau terobosan baru yang membuatnya menjadi unik dan semakin dikenal serta tidak lupa memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya.

Mengganggu atau Kreatif?

Strategi marketing kini bukan hanya datang dari brainstorming yang matang diatas kertas tapi juga ada ide out of the box yang membuat strategi marketing menjadi berhasil. Karena pada dasarnya ide yang kreatif adalah ujung tombak dalam marketing atau pada segi promosi.

Menurut  Nicolai Amter, ide yang kreatif dapat menciptakan hubungan emosional antara brand dan konsumen yang berpeluang untuk mempertahankan konsumen hingga mampu mendatangkan konsumen baru.

Apakah mengganggu? Kembali lagi pada point of view penumpang. Mungkin bagi yang sedang ingin beristirahat program lelang saat penerbangan cukup mengganggu, tapi bagi yang lain mungkin tidak, bahkan menjadi pengalaman baru yang tidak terlupakan bagi penumpang Citilink Indonesia.

Masih dari Kompas.com, Head Of Corporate Secretary and CSR Division PT Citilink Indonesia, Haza Ibnu Rasyad, mengatakan, bahwa lelang yang digelar tersebut dilakukan untuk menciptakan pengalaman penerbangan yang berbeda kepada penumpang.

Lebih lanjut Haza menambahkan, bahan item yang dilelang antara lain, Nike AIR force 1 All White, Nike Dunk Hi Retro University Gold, New Balance 990 V1 Grey, Asics Gel Kayano JJJound Silver, dan jam tangan G-Shock GA-21000 1A3DR.

Pentingnya Ide Kreatif Pada Strategi Marketing

  1. Menjadi Beda dan Baru
    Menjadi berbeda dan baru membuat brand menjadi yang terdepan dan akhirnya banyak orang penasaran. Brand akan menjadi pusat perhatian konsumen ketika menciptakan strategi marketing yang berbeda.
  2. Membangun Hubungan Dengan Konsumen
    Untuk menarik atau mempertahankan konsumen tidak hanya dari sisi manfaat pada brand, tapi bagaimana konsumen tertarik dan senang menggunakan barang atau layanan dari brand tersebut dan ini terbentuk dari ide kreatif pada strategi marketing.
  3. Mengembangkan Brand Awareness
    Ide yang kreatif dan unik mampu mengenalkan brand lebih luas. Misalnya kalau pada media sosial Instagram, konten yang kreatif akan berpeluang meningkatkan followers dan semakin banyak konsumen yang mengetahui brand.
  4. Menjangkau Target Pasar Lebih Luas
    Ide kreatif dalam strategi marketing menjadi jalan pintas untuk mendatangkan konsumen atau menjangkau target pasar yang lebih luas. Semakin unik, semakin orang penasaran, melihat dan akhirnya membeli.
  5. Meningkatkan Return On Investment (ROI)
    Ide out of the box yang diterapkan pada suatu strategi marketing mendorong hasil yang efektif pada laba atau keuntungan. Nielsen Catalina Solution menjelaskan, 47% orang memilih suatu brand berasal dari promosi atau iklan yang unik.

Cara menemukan Ide Kreatif Untuk Strategi Marketing

Source: unsplash.com
  • Mencari Inspirasi
    Inspirasi bisa datang dari mana saja, misalnya dengan brainstorming dengan team, melihat trend yang ada, meneliti strategi marketing competitor dan lain sebagainya.
  • Kolaborasi
    Saat ini kolaborasi seakan sudah menjadi keharusan bagi sebuah brand, karena kolaborasi akan berpotensi menghasilkan ide yang fresh dan dapat memperluas bidang kerja sama hingga koneksi
  • Fokus Problem Solving
    Melihat dari strategi marketing Citilink Indonesia diatas, bahwa saat dalam penerbangan banyak yang orang yang tidak mempunyai pilihan selain tidur, membaca atau mendengarkan lagu. Tapi Citilink Indonesia melihat peluang tersebut untuk dibuat lebih berwarna saat terbang dengan program lelang. Lihat hasilnya, bila #halokawan berfokus pada problem solving, sungguh unik bukan!!
  • Mudah Diingat
    Selain berbeda dan unik, #halokawan juga harus membuat strategi marketing yang memorable. Mungkin akan banyak promosi dari brand lain yang bermunculan, tapi yang memorable akan longlasting dan mudah diingat oleh konsumen. Masih ingat iklan Ramayana dengan Ibu-ibu qasidah dan rice cooker nya. Apakah #halokawan masih mengingatnya?

Selamat mencoba dan terus belajar ya #halokawan. Ciptakan kreatifitas versi #HaloKawan dan saatnya mulai untuk berinovasi. Kalau #HaloKawan suka artikel ini jangan lupa untuk di share ya.

Buat #HaloKawan yang pengen terjun dan tahu lebih banyak tentang branding untuk bisnis, #HaloKawan dapat belajar lebih jauh loh dengan cobain modul Branding Fundamentals for SMEs dari Haloka Talks. Penasaran apa saja materinya? langsung klik aja button dibawah ini!


Written by: Dimas Prasetyo

Source:

  1. https://www.linkedin.com/pulse/why-creativity-important-marketing-nicolai-amter/
  2. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/creativity-marketing
  3. https://www.linkedin.com/pulse/5-reasons-creativity-important-marketing-clive-reddihough-fcim/
  4. https://www.fusion-marketing-services.co.uk/news/marketing-creativity
  5. https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/19/094500965/ramai-soal-video-pramugari-gelar-lelang-di-pesawat-ini-kata-citilink?page=all