Campaign dari Maybelline sempat jadi pembicaraan di media sosial! Pasalnya, sebuah tongkat maskara raksasa bergelantungan pada billboard Maybelline Lash Sensation Sky High di Underground London, lalu menyisir bulu mata raksasa pada atap gerbong kereta. Apakah #HaloKawan sudah melihatnya?
Selain maskara raksasa di Underground, Maybelline juga melakukan hal yang sama pada sebuah bangunan di London. Kali ini tongkat maskara tersebut menyisir bulu mata raksasa di atas bus double decker.
Warganet tentu terhibur dengan campaign Maybelline NY ini. Video campaign tersebut telah disukai lebih dari 13 ribu pengguna di TikTok.
Instalasi maskara raksasa di dua tempat membuat para konsumen ingin lihat langsung di London. Tapi, ternyata instalasi campaign ini tidak ada di dunia nyata, lho, #HaloKawan.
Campaign Maybelline untuk maskara Lash Sensation Sky High ini ternyata hanya akal-akalan tim digital marketing yang mengedit maskara raksasa ke video kereta dan bus saja nih!
Melansir Metro, Marketing Director Maybelline UK Delphine Consigny bilang kalau mereka ‘ingin membuat campaign disruptive marketing’ untuk mengenang maskara yang memang sensasional ini.
Walaupun bukan produk baru, maskara yang luncur sejak 2019 ini merupakan produk maskara nomor 1 di Amerika Serikat dan Britania Raya, lho, sampai sudah mendapatkan beauty award dari Glamour di 2021!
Campaign peluncuran maskara Lash Sensation Sky High pada 2019 juga sangat sukses di TikTok, dengan total 400 juta views, dan 11.6 miliar impression. Lantas mengapa Maybelline masih ingin melakukan disruptive marketing lagi untuk produk ini?
Disruptive Marketing: Memancing Obrolan dengan Campaign Out of the Box
Disruptive Marketing adalah strategi marketing yang menggabungkan semua cara lama untuk menghasilkan campaign yang unik dan memancing respons masyarakat. Salah satu tujuan disruptive campaign adalah mengubah persepsi konsumen tentang produk atau brand secara keseluruhan menjadi positif.
Dalam hal ini, Maybelline UK membuat disruptive marketing campaign Lash Sensation Sky High untuk mengenang kesuksesan produk tersebut dan untuk mengingatkan konsumen bahwa Maybelline adalah brand unggulan untuk maskara.
Sudah banyak brand lain yang menggunakan strategi disruptive marketing sebelumnya. Misalnya, campaign tas raksasa Bambino Jacquemus yang ada di jalanan Paris pada April 2023, atau beragam poster #BetterWithPepsi pada 2021.
Semua disruptive campaign yang sukses ini punya banyak kesamaan, lho. Yuk simak rahasia campaign disruptive marketing yang sukses di bawah ini!
5 Rahasia Campaign Disruptive Marketing yang Sukses!
1. Berani
Brand #HaloKawan perlu berani untuk mendorong “aturan dan norma” strategi marketing yang sudah ada dalam menciptakan disruptive marketing campaign. Saat campaign kamu berhasil jadi pembicaraan, brand kamu juga perlu berani menghadapi komentar positif atau negatif yang akan ada.
Campaign Maybelline Lash Sensation Sky High di Britania Raya ini berani mengedit maskara raksasa ke video kereta cepat dan bangunan di London. Tak peduli nantinya orang akan berkata apakah hal ini sungguhan atau hanya editan, Maybelline tetap mengunggah video ini agar jadi bahan pembicaraan.
2. Jadi leader campaign dalam industrinya
Satu keunikan utama dari disruptive marketing campaign adalah tidak bisa diikuti oleh brand lain. Hal ini karena ide, keberanian, dan eksekusi disruptive marketing campaign tidak ada dalam teori manapun.
Mungkin awalnya disruptive campaign Maybelline terinspirasi dari brand lain seperti Jacquemus yang menggunakan tas raksasa untuk menarik perhatian audiens. Tapi dalam eksekusinya, pemilihan dan pengeditan video kereta dan bus di London merupakan ide Maybelline sendiri, dan campaign ini menjadi cara audiens mengenal Maybelline pertama kali.
Tidak akan ada juga brand lain yang bisa menduplikasi disruptive campaign Maybelline Lash Sensation Sky High ini di kemudian hari.
3. Tidak harus mahal
Siapa bilang disruptive marketing campaign yang sukses butuh pengeluaran yang besar? Inti dari disruptive marketing yang sukses adalah mengubah cara-cara yang lama.
Ide Maybelline membuat maskara raksasa di London tentu akan menguras budget yang besar. Namun, Maybelline hanya ingin audiens untuk membicarakan brand mereka sebagai brand yang unggul dalam maskara. Untuk mencapai hal ini, Maybelline mengevaluasi bahwa mereka tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk memproduksi word of mouth.
Maybelline hanya perlu memilih video tube di Underground London, menyewa video editor yang mahir untuk mengedit 3D, dan mengunggah video tersebut di media sosial. Langkah yang diambil Maybelline ini tentu sudah menghemat banyak budget, dan sukses mendapatkan respons positif masyarakat tanpa perlu instalasi maskara raksasa asli di London!
4. Relate sama banyak orang
Rahasia disruptive marketing campaign yang sukses selanjutnya adalah relate sama banyak audiens sekaligus.
Campaign yang mudah dimengerti dan relate dengan banyak audiens tentunya memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk diingat dan dibicarakan. Dalam hal ini, campaign Maybelline Lash Sensation Sky High relate dengan para pengguna maskara dan kepada penduduk Britania Raya.
Campaign Maybelline yang terjadi di Underground menarik perhatian para penduduk yang memakai tube untuk bepergian. Selain itu, maskara raksasa yang menyisir bulu mata di atas kereta juga meniru cara orang memakai maskara pada umumnya.
Bagaimana #HaloKawan? Tertarik melakukan disruptive marketing campaign seperti Maybelline? Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke sesama teman kamu ya!
Kalau kamu ingin selalu update tentang brand news, marketing tips, dan social media update, jangan lupa untuk ikuti terus HalokaTalks!
Penulis: Gracia Yolanda Putri
Sumber:
- Campaign Maybelline Sky High Mascara di London (Juli 2023), https://www.tiktok.com/@maybelline/video/7253207083884072234
- How to Launch a Beauty Product: The Story of Maybelline NY’s Sky High Impact Mascara, https://www.loreal.com/en/articles/brands/maybelline-ny-sky-high-mascara/
- Giant Fake Lashes on a Train? This Brand Took Sky-High to a New Level for their Campaign (Juli 2023), https://swirlster.ndtv.com/beauty/giant-fake-lashes-on-a-train-this-brand-took-sky-high-to-a-new-level-for-their-campaign-4188649
- 4 Ways Disruptive Marketing is Winning Over Customers, https://neilpatel.com/blog/disruptive-marketing/
- People are Losing It Over This Maybelline Tube Stunt (Juli 2023), https://metro.co.uk/2023/07/07/people-are-losing-it-over-maybelline-tube-stunt-but-theres-a-twist-19089423/
- #BetterWithPepsi https://www.adsoftheworld.com/campaigns/betterwithpepsi
- The Giant Jacquemus Bags That Cross Paris: Dream or Reality? (April 2023) https://magazine.luxus-plus.com/the-giant-jacquemus-bags-that-cross-paris-dream-or-reality/?lang=en