Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan tersebut diumumkan melalui situs resmi FIFA, Rabu (29/03/2023).

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis FIFA di situs resmi fifa.com.

Pemerintah sebelumnya sudah melakukan sejumlah persiapan untuk turnamen yang seharusnya berlangsung di enam kota dari tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023.  

Namun dengan adanya pembatalan, tentunya membuat Indonesia mengalami banyak kerugian. Dikutip dari metrotvnews, Indonesia mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp1,4 Triliun.

Nggak hanya negara nih #HaloKawan yang mengalami kerugian, beberapa perusahaan yang sudah resmi menjadi official sponsor juga kena imbas dari batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

1.EMTEK Group

Surya Citra Media Tbk (SCM) yang berada di bawah naungan EMTEK Group menjadi official broadcaster dari turnamen sepak bola dunia yakni Piala Dunia U-20 2023.

SCM akan menyajikan seluruh rangkaian pertandingan Piala Dunia U-20 2023 melalui media multi-platform yang berada di naungan yakni SCTV, Indosiar, Vidio, Moji, Mentari TV, Nex Parabola, dan Champions TV.

Direktur SCM, Sutanto Hartono menyebutkan bahwa Piala Dunia merupakan event olahraga dengan harga lisensi yang paling mahal.

Nggak hanya itu, EMTEK juga terancam kehilangan jutaan pelanggan dengan skala besar buntut dari keputusan FIFA tersebut.

2.Tokopedia

PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menjadi official broadcaster sponsor Piala Dunia U-20. Gelaran pesta sepak bola dunia tahun 2023 ini merupakan momentum yang sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Tokopedia turut hadir untuk menemani konsumen melalui berbagai kesempatan dan penawaran, yang diharapkan semakin membuat momentum ini bermakna, khususnya para pecinta sepak bola di seluruh Indonesia.

Dampak dari dicoretnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia, Tokopedia diperkirakan mengalami penurunan penggunaan layanan serta penurunan pertumbuhan bisnis.

3.Wall’s

#HaloKawan pasti tahu dengan es krim wall's? Es krim milik Unilever ini juga menjadi sponsor Piala Dunia U-20 lho.

Kerja sama ini guna membantu persiapan timnas Indonesia U-20 jelang tampil di Piala Dunia U-20. Pihak Wall's juga telah menggelontorkan dana untuk mendukung timnas agar berprestasi di tingkat dunia.

Namun sayangnya setelah pengumuman dari FIFA mengenai Indonesia yang batal menjadi tuan rumah, Timnas U-20 resmi dibubarkan pada 1 April 2023.

4.JUARAGA

Sebagai pemegang lisensi merchandise resmi turnamen Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 ini, tentu saja Juaraga merasakan dampak besar dari pembatalan ini.

Pembatalan ini juga berdampak pada UMKM yang terlibat, termasuk produsen, penyedia bahan baku, dan pelaku usaha kecil yang bermitra dengan Juaraga.

Dalam upaya menghadapi tantangan akibat pembatalan turnamen, Juaraga memberikan diskon spesial 20% untuk semua produk merchandise resmi Piala Dunia U-20.

Indonesia Gagal jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Brand tetep bisa meningkatkan Brand Awareness

Setelah gagal menjadi sponsor Piala Dunia, sebuah brand dapat memperoleh beberapa insight praktis yang dapat membantu mereka memperbaiki diri dan menghindari kegagalan di masa depan. Minka sudah rangkum beberapa insight praktis yang dapat diambil setelah gagal menjadi sponsor Piala Dunia adalah sebagai berikut:

  1. Evaluasi kelemahan dan kekuatan brand.
    Gagal menjadi sponsor Piala Dunia memberikan sebuah brand kesempatan untuk melakukan evaluasi diri dan mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka. Dengan mengetahui kelemahan, sebuah brand dapat membuat strategi untuk memperbaikinya, sementara dengan mengetahui kekuatan, mereka dapat mengembangkannya lebih lanjut.
  2. Mengetahui persaingan di industri.
    Kegagalan dalam menjadi sponsor Piala Dunia juga dapat memberikan sebuah brand kesempatan untuk mengetahui persaingan di industri dan memahami apa yang membuat persaingan tersebut sukses atau gagal. Hal ini dapat membantu brand untuk membuat strategi baru dan menghindari kegagalan di masa depan.
  3. Memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan.
    Sebuah brand juga dapat memperoleh insight tentang apa yang diinginkan oleh pelanggan mereka dari kegagalan menjadi sponsor Piala Dunia. Hal ini dapat membantu brand untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka dan menyesuaikan produk dan layanan mereka secara lebih baik.
  4. Memperkuat hubungan dengan pelanggan.
    Kegagalan dalam menjadi sponsor Piala Dunia juga dapat memberikan sebuah brand kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan mereka. Brand dapat melakukan komunikasi dengan pelanggan dan mendengarkan masukan serta kritik mereka. Hal ini dapat membantu brand untuk memperbaiki diri dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka.
  5. Meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi.
    Gagal menjadi sponsor Piala Dunia dapat memperkuat kemampuan sebuah brand untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah. Hal ini dapat membantu brand untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di masa depan dan membuat strategi yang lebih baik untuk memenangkan persaingan di industri.

Dengan memperoleh insight praktis seperti yang telah disebutkan di atas, sebuah brand dapat memperbaiki diri dan menghindari kegagalan di masa depan.

Minka juga sedih nih setelah dengar keputusan tersebut. Di sisi lain, ini menjadi pembelajaran terhadap PSSI untuk berbenah menjadi lebih baik.
Setelah turnamen ini, Indonesia diharapkan dapat bangkit, segera move on dan berdoa agar mendapat pengganti kegiatan yang lebih bisa menopang agar kerugiannya tidak terlalu besar.  Jangan lupa share artikelnya yaa!

Jika #HaloKawan ingin mempelajari branding lebih lanjut, Minka saranin untuk belajar lewat Haloka e-course dimana punya 4 modul yang masing-masingnya berisi video learning dan ada worksheetnya juga loh supaya #HaloKawan bisa langsung mempraktekkan teorinya!


Written by: Mona Lestari Utami

Source:

  1. https://www.tentangindonesia.com/olahraga/7268286841/mereka-yang-merugi-secara-ekonomi-akibat-batalnya-penyelenggara-piala-dunia-u-20-di-indonesia
  2. https://www.metrotvnews.com/play/b2lCrPgW-indonesia-rugi-rp3-7-triliun-usai-batal-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u-20#:~:text=Dampak%20kerugian%20Indonesia%20akibat%20pembatalan,diperkirakan%20mencapai%20Rp3%2C7%20triliun
  3. https://www.instagram.com/p/CqdH83QPhpw/?utm_source=ig_web_copy_link