#HaloKawan sering bingung mau ngonten apa lagi hari ini? Butuh ide konten jualan sebanyak-banyaknya? Pastinya penasaran dong kenapa ada brand yang kontennya ciamik banget? Tenang, #HaloKawan juga bisa mengikuti jejak brand-brand keren yang interaktif sama audiens.

Pada artikel kali ini ada perbekalan untuk bikin konten termasuk cara mendapatkan ide konten supaya tidak pusing lagi.

  1. Ide konten bisa didapatkan dengan menentukan tujuan
    Setiap konten harus punya tujuan untuk apa diproduksi supaya hasilnya sesuai. Adapun tujuan buat konten seperti keperluan awareness supaya makin banyak dikenal orang, konten promosi buat jualan, konten interaktif supaya audiens merasa memiliki dan nggak segan buat melakukan transaksi.
  2. Perhatikan kompetitor
    Bukan hal yang dosa kok kita memantau konten kompetitor. Justru bisa menjadi referensi untuk menyaingi konten mereka versi #HaloKawan. Tentu dengan kreativitas, konten yang tadinya hanya terinspirasi bisa dibuat versi original brand #HaloKawan. Lantas apa saja yang bisa diambil dari kompetitor? Bisa dari cara berkomunikasi, sudut pengambilan foto atau video produk, serta copywriting yang biasanya digunakan. Jangan melakukan plagiasi, tetapi terapkan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kalau sudah mengumpulkan banyak kompetitor dan menganalisisnya, dijamin nggak akan kehabisan ide!
  3. Coba tampilkan konten behind the scene
    Audiens tentu perlu tahu proses kreatif dibalik hasil yang luar biasa. Dengan menampilkan behind the scene, brand akan terasa lebih manusiawi bahwa ternyata konten yang sempurna itu mengalami retake loh. Dibanding konten berhasil, tentu behind the scene-nya ada banyak, keluarkan saja pelan-pelan niscaya nggak akan kehabisan konten.
  4. Riding the trend
    Rajin-rajinlah memantau trend yang sedang berjalan. Penting untuk stay up to date di beberapa platform media sosial seperti Tiktok, Instagram, atau Twitter. Numpang eksis pada trend sangat disarankan. #HaloKawan pasti sering menemukan brand yang ikut trend viral, kan? Salah satu contohnya saat trend “Kamu nanyea?” banyak brand yang membuat versi mereka.
  5. Sajikan konten edukasi yang relevan
    Tidak harus melulu konten jualan hard selling, #HaloKawan juga bisa membuat konten edukasi. Jika konten yang kita tawarkan bermanfaat bahkan jarang dibahas di tempat lain, pasti audiens akan senang. Kalau bingung mau buat konten edukasi seperti apa, berangkatlah dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan atau berpotensi ditanyakan oleh pelanggan.
  6. Gunakan testimoni pelanggan
    Testimoni pelanggan bisa #HaloKawan dapatkan melalui chat WhatsApp, review di marketplace, hingga review di google my business loh! Pastikan untuk mengecek secara berkala dan jangan lupa mulai memperhatikan review di google ya! Soalnya saat ini konsumen semakin cerdas, sebelum mengambil keputusan risetnya sangat dalam termasuk riset lewat google. Hasil pencarian yang pasti muncul adalah google review, pastikan #HaloKawan kelola dengan baik ya!

Baca juga: 7 Ide Konten di Instagram Wajib Business Owner Coba di 2023

Semoga ide-ide ini bisa bermanfaat untuk ide konten jualan #HaloKawan. Bagikan artikel ini ke tim supaya mereka makin semangat ngontennya.


Written by: Annisa Widi Astuty

Source:

  1. https://billionairecoach.co.id/stuck-dengan-ide-konten-simak-cara-mendapatkan-ide-konten-marketing-anda-berikut-ini/
  2. https://socialmediamarketer.id/instagram/ide-konten-instagram-bisnis/
  3. https://argiaacademy.com/jenis-konten-media-sosial/