#HaloKawan pasti tahu dengan brand kosmetik lokal asal Indonesia ini? Yup, Azarine Cosmetics.

Setelah sebelumnya sukses berkolaborasi dengan Lee Min Ho sebagai brand ambassador, kini Azarine menggandeng Red Velvet sebagai brand ambassador terhitung sejak 1 April 2023.

Azarine jadi brand lokal pertama yang produk makeupnya dipakai langsung oleh A-List girl group Korea Selatan.

Alasan pemilihan Red Velvet sebagai brand ambassador adalah karena Azarine Cosmetic ingin meningkatkan kepercayaan masyarakat sekaligus ingin memberi bukti kalau kualitas makeup lokal dapat bersaing di kancah internasional.

Produk pertama kolaborasi Azarine dan Red Velvet adalah Makeup product diantaranya Tinted Lippie Cake, Oh! SoFine Liner dan Oh! My Brow Definer.

Untuk Tinted Lippie Cake sendiri berhasil terjual lebih dari 10.000 pcs dalam waktu 24 jam. Wow, the power of red velvet!

Ngomongin soal brand yang bekerja sama dengan idol K-Pop, Belakangan ini banyak brand besar di Indonesia yang bekerjasama dengan artis atau idola K-Pop sebagai duta merek atau brand ambassador.

Hallyu atau "Gelombang Korea", adalah sebuah fenomena popularitas yang tinggi dari budaya, hiburan, dan produk-produk Korea Selatan ke seluruh dunia.

Hal ini jadi salah satu kesempatan untuk meraih keuntungan oleh para pelaku usaha dengan menjadikan artis Korea sebagai brand ambassador.

Alasan mengapa idol asal Korea sebagai brand ambassador.

Ada beberapa alasan mengapa produk lokal Indonesia memilih untuk menggunakan idola asal Korea sebagai brand ambassador.

1. Memiliki penggemar yang loyal
Sudah bukan rahasia lagi jika fans artis Korea Selatan dikenal sangat loyal terhadap idola mereka. Apapun yang dilakukan oleh sang idola akan didukung secara maksimal oleh para penggemar.

Misalnya ketika sang idola terpilih menjadi brand ambassador produk lokal, para fans akan secara sukarela membantu mempromosikan dan nggak jarang juga memborong produk tersebut.  Hal dapat membantu meningkatkan penjualan serta loyalitas pelanggan terhadap produk.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Citra suatu produk sedikit banyaknya mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli.

Oleh karenanya, bila didukung artis Korea dengan reputasi yang baik serta basis fans yang banyak, otomatis brand awareness akan produk tersebut akan meningkat.  

3. Membantu memperluas jaringan dan eksposur produk

Tujuan brand lokal menggaet idol K-Pop tentunya berharap akan mampu menjangkau pasar global.

Meski Fans dari artis yang menjadi brand ambassador tersebut tak berdomisili di Indonesia pasti juga ingin mendapatkan produk yang umumnya disertai dengan berbagai merchandise tentang sang idola di dalamnya.

Ini jelas jadi salah satu keuntungan tersendiri bagi brand lokal agar makin dikenal luas. Selain itu, dengan strategi promosi semacam ini tak menutup kemungkinan bagi investor asing untuk mulai melirik produk mereka.

Secara keseluruhan, menggunakan idola asal Korea sebagai brand ambassador dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif jika dilakukan dengan benar, namun perusahaan harus tetap mempertimbangkan bagaimana cara terbaik untuk mencerminkan karakteristik brand dari produk dalam proses pemasaran.

Jika #HaloKawan ingin mempelajari branding lebih lanjut, Minka saranin untuk belajar lewat Haloka e-course dimana punya 4 modul yang masing-masingnya berisi video learning dan ada worksheetnya juga loh supaya #HaloKawan bisa langsung mempraktekkan teorinya!


Written by: Mona Lestari Utami

Source:

  1. https://azarinecosmetic.com/a/azarine-makeup-series-berkolaborasi-dengan-idol-group-asal-korea-selatan
  2. https://kumparan.com/avilaelisabeth29/maraknya-idola-korea-jadi-brand-ambassador-produk-lokal-indonesia-1zYIqL7JBjO/full
  3. https://tirto.id/kenapa-banyak-merek-indonesia-pakai-ba-artis-korea-grTZ