Semua orang suka gratisan, tidak terkecuali Minka dan #HaloKawan, nih!
Baru-baru ini Lenovo Indonesia melakukan giveaway untuk salah satu pengikut Twitter-nya. Tidak tanggung-tanggung, Lenovo memberikan headset gaming harga satu jutaan! Giveaway ini dilakukan dengan “tidak sengaja”, berawal dari curahan hati pengguna Twitter @dhikahuda yang sedang patah hati. Berikut kronologinya.
Awalnya, @dhikahuda menulis balasan pada sebuah Tweet oleh akun komunitas pecinta gim Football Manager (@id_fm). Gim tersebut membantu Dhika untuk melupakan mantannya.
“Tiga pekan lalu saya diputusin pacar saya, padahal kami sudah bersama selama 8 tahun dan harusnya akhir tahun ini kami menikah. Tiga hari setelah putus, saya putuskan untuk beli laptop Legion 5i Pro dan FM23 dari duit tabungan nikah saya supaya bisa cepat melupakan mantan saya,” tulis Dhika pada Kamis, 9 Maret 2023.
Tweet tersebut dilihat warganet hingga 1,2 juta kali, dengan 1780 Retweet dan lebih dari 6 ribu Likes. Warganet mengapresiasi cerita Dhika yang berani memutuskan “move on” dari mantannya. Beberapa akun lain juga mencolek Lenovo Indonesia di Twitter, menuntut balasan.
Lenovo pun tidak mengecewakan. Mereka membalas Dhika dan menawarkan bantuan lebih untuk melupakan patah hatinya.
“Turut bersedih ya @dhikahuda, coba bikin apa yang bisa kami bantu biar bisa fokus ngegame dan ngelupain mantan kamu,” balas Lenovo Indonesia di Twitter pada Sabtu, 11 Maret 2023.
Setelah saling bertukar pesan, Lenovo memberikan Dhika gaming headset Lenovo Legion H500 Pro 7.1 Surround Sound. Dhika pun berterima kasih kepada Lenovo dan menyematkan pengalaman giveaway tersebut pada laman profilnya.
Giveaway, Gabungan Word of Mouth dan Community Marketing
Giveaway merujuk kepada aksi sebuah brand memberikan hadiah kepada konsumennya, biasanya melalui kontes dan dilakukan lewat media sosial. Giveaway ini merupakan salah satu bentuk Word of Mouth (WoM) dan community marketing, lho.
WoM marketing tentunya memanfaatkan diskusi organik positif konsumen mereka untuk menjangkau audiens baru yang akhirnya bisa meningkatkan penjualan. Sementara itu, community marketing bertujuan untuk menghubungkan brand dengan konsumen mereka untuk menjaga loyalitas dan menjangkau audiens baru dengan cara berinteraksi melalui pesan di media sosial.
Pasalnya, 58 persen konsumen biasanya membagikan pengalaman positif mereka dengan sebuah produk atau brand di media sosial. Riset juga membuktikan bahwa konsumen yang ikut serta komunitas sebuah brand biasanya belanja 19 persen lebih banyak dari biasanya. Selain itu, 85 persen marketer mengaku bahwa komunitas daring sangat membantu untuk meningkatkan rasa percaya dan mempercepat customer journey.
Oleh karena itu, giveaway merupakan cara yang tepat untuk membangun loyalitas dan rasa percaya dalam komunitas brand. Berikut pembahasan manfaat dari giveaway dari kacamata Lenovo dan Dhika.
- Kesempatan brand membangun citra yang baik
Giveaway jadi kesempatan brand membangun citra yang baik. Dalam studi kasus Lenovo dan Dhika, Lenovo mempertahankan dan menambah citra baik mereka kepada komunitas gaming, yang memang sudah familiar dengan produk Lenovo - lewat membantu move on dari patah hati. - Brand menumbuhkan loyalitas konsumen
Giveaway menumbuhkan loyalitas konsumen dengan memberikan pengikut mereka tempat untuk mengekspresikan diri. Setelah giveaway, Dhika menunjukkan rasa terima kasihnya kepada Lenovo lagi lewat Tweet yang disematkan di laman profilnya. Rasa senang Dhika juga dibagikan kepada warganet dan menjadi diskusi organik yang baik untuk Lenovo. Testimoni kepuasan Dhika bisa jadi jalan Lenovo mendapatkan rasa percaya konsumen. - Brand mendapatkan User-Generated Content (UGC)
User-generated content (UGC) adalah konten dalam bentuk apapun yang dibuat oleh audiens. UGC ini tentu jadi medium diskusi organik positif yang meningkatkan brand awareness dan brand recognition. Lenovo dalam hal ini mendapatkan manfaat UGC dari Dhika, dan promosi di komunitas gamer secara gratis! - Mengenal konsumen lebih jauh
Lewat pengalaman giveaway, brand dapat mengenal komunitas mereka lebih dalam lagi. Umpan balik yang diterima dari audiens dapat menjadi masukkan untuk produk dan jasa yang akan datang. Dalam hal ini, Lenovo dapat memahami identitas para gamers lebih dalam dan nantinya kampanye mereka bisa selalu memuaskan kepada target audiensnya.
#HaloKawan sekarang sudah tahu kan manfaat giveaway untuk sebuah brand? Kalau kalian, mengikuti brand apa saja nih di media sosial? Sebutkan brand dan kampanye favorit kamu di kolom komentar, ya!
Written by: Gracia Yolanda Putri
Source:
- https://thrivemyway.com/wom-marketing-stats/
- https://www.bluleadz.com/blog/giveaway-contests-tips-and-examples
- https://cmxhub.com/keystocommunityreadiness/
- https://news.umich.edu/firms-own-social-networks-better-for-business-than-facebook/
- https://www.arimetrics.com/en/digital-glossary/giveaway#:~:text=A%20giveaway%20is%20defined%20as,more%20due%20to%20their%20effectiveness
- https://www.oberlo.com/blog/word-of-mouth-marketing
- https://blog.hootsuite.com/user-generated-content-ugc/