Haiii #HaloKawan yang sudah memulai bisnis, tau gak sih kalau copywriting itu penting buat bisnismu?

“Oiyaaa Minka? Sepenting itu kah?”

Nah sebelumnya Minka mau jelasin dulu pengertian dari copywriting, yaitu sebuah cara meningkatkan penjualan dengan membuat tulisan yang tepat. Meskipun terdengar sederhana, copywriting punya peran besar bagi bisnis loh. Sekarang Minka lanjutin dengan langkah dasar untuk mulai menulis copy yah!

  1. Identifikasi Pelanggan / Buyer Persona

Tahapan ini sama dengan tahap brainstorming, yaitu mengidentifikasi atau membentuk satu karakter berdasarkan psikologis audience yang ingin kita tuju. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menentukan buyer persona, antara lain:

  • Personality
    “Siapa konsumen anda?”
    “Apakah pria atau wanita?”
    “Kira-kira berapa umurnya?”
    “Apa tingkat pendidikannya?”
    “Apakah sudah bekerja? Apa pekerjaannya?”
    “Berapa kisaran penghasilan yang diperoleh setiap bulannya?”
    “Apakah sudah menikah?”
  • Kebiasaan dan Tingkah laku
    “Apa hobinya?”
    “Makanan dan minuman favoritnya?”
    “Media sosial apa saja yang mereka gunakan?”
    “Kapan saja waktu mereka menggunakan media sosial?”
    “Bagaimana mereka biasa melakukan komunikasi? Melalui telepon, email, atau secara langsung?”
    “Bagaimana cara mereka mengetahui suatu produk? Melalui iklan, saran teman, atau internet?”
    “Jika melalui internet, bagaimana cara mereka mencari informasi tersebut?
    “Bagaimana cara mereka berbelanja? Secara offline atau online?

Setelah #HaloKawan bisa menjawab dan menuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, #HaloKawan akan mendapatkan karakteristik calon konsumen.

2. Kenali USP (Unique Selling Product)

Keunikan dari produk dapat menjadi kunci agar audience membeli produk kita. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahasa iklan yang tidak berlebihan karena akan dianggap berbohong dan audience akan memberikan pendapat buruk yang berakhir tidak lagi membeli produk kita. Setidaknya terdapat 4 poin yang biasa dijadikan USP oleh business owner, yaitu fitur unik, kualitas tinggi, harga kompetitif, dan pelayanan ramah.

3. Pilih Media yang Sesuai

Setiap media sosial memiliki target audiencenya masing-masing sehingga penting untuk menyesuaikan copywriting dengan media sosial yang kita gunakan. Saat ini banyak sekali social media yang bisa digunakan untuk bisnis karena fitur aplikasinya yang menyediakan social commerce seperti Tiktok dan Instagram. Serta tidak lupa e-commerce yang bisa #HaloKawan gunakan untuk memulai bisnis antara lain: Tokopedia dan Shoppe.

4. Product Knowledge

Penting untuk memberikan informasi mengenai produk kita kepada audience supaya mereka lebih memahami produk apa yang kita jual dan bagaimana produk kita sesuai oleh audience. Buat tabel dan tuliskan semua fitur produk atau jasa yang ditawarkan baik berupa atribut, kegunaan, kehandalan, dan value.

5. Menentukan Formula

Penentuan formula penulisan penting supaya pembeli tertarik untuk membaca kalimat selanjutnya. Minka punya rekomendasi Top 3 formula alias jurus yang biasa dipakai copywriter dan bisa banget #HaloKawan pake untuk menulis copywriting antara lain: PAS, AIDA, dan FAB.

Gimana, bermanfaat kan sharing Minka kali ini? Yukkk yang penasaran sama framework menulis copywriting boleh drop di kolom komentar!


Written by: Dede Wardani

Source:

  1. Hariono, Doni. 2016. PRODUCT KNOWLEDGE AND INVOLVEMENT. https://slideplayer.info/slide/3677528/
  2. ​​https://kumparan.com/nugraha-eka-putra1542944612301/apa-itu-buyer-persona-dan-bagaimana-cara-menentukannya-1qqVmVcHcki/full
  3. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6312695/unique-selling-proposition-usp-manfaat-dan-contoh-penerapan