#HaloKawan pernah merasa dekat banget dengan sebuah brand? Tahu nggak? Kalau 84% konsumen mengatakan mereka cenderung bertahan dengan merek yang menawarkan loyalty program.

Loyalty program atau program loyalitas pelanggan merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan sekaligus membuat pelanggan jatuh cinta sama brand. Tentu perlu memberikan penghargaan bagi pelanggan yang lebih memilih kembali melakukan pembelian dari merek #HaloKawan dibanding pesaing.

Sebenarnya, loyalty program ini memberikan dampak apa saja sih? Sini sini sini Bakal Minka spill buat #HaloKawan

  1. Penjualan meningkat dari konsumen repeat order
    Pelanggan bisa menjadi setia ketika diperlakukan spesial. Program ini dapat berupa memberikan diskon, benefit early access, atau lainnya yang membuat pelanggan menjadi betah. Repeat order menjadi angin segar bagi sebuah brand karena fakta menunjukkan biaya mendatangkan konsumen baru sejatinya jauh lebih tinggi.
  2. Word of mouth marketing bisa tercapai
    Jika brand memiliki loyalty program yang menarik, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan membagikan pengalaman mereka. Review positif maupun negatif dari konsumen sangat berdampak pada pengambilan keputusan orang-orang baru. Word of mouth masih menjadi strategi pemasaran efektif karena individu lebih mempercayai testimoni langsung dari orang terdekat mereka daripada self-proclaimed dari sebuah merek. Intinya, ini merupakan strategi marketing yang murah daripada ads berbayar loh!
  3. Nama brand akan semakin dikenal
    Reputasi brand sangat dipengaruhi oleh testimoni dari pelanggan. Jika loyalty program memberikan kebanggan dan kebahagiaan pelanggan, hal tersebut bisa menyebar ke orang-orang. Loyalty program yang menarik dan bernilai dan dibagikan pelanggan di media sosial atau dari mulut ke mulut, mampu membuat orang lain penasaran hingga mencari tahu lebih tentang brand.
  4. Memperoleh data informasi pelanggan
    Data yang diperoleh tentu tidak akan disalahgunakan, tetapi digunakan untuk mengirimkan promosi yang dimiliki. Informasi seperti nomor atau email biasanya akan dicantumkan sendiri oleh pelanggan sehingga program seperti ini menjadi ajang untuk mengumpulkan data pelanggan dengan mudah. Perlu diingat karena konsumen sudah mempercayakan data pribadi, brand harus bisa bertanggung jawab menjaga data tersebut jangan sampai bocor supaya tidak trust issue!

Kalau #HaloKawan belum memiliki program loyalitas pelanggan ini bisa jadi insight yang baru, namun pastikan sebelum, selama, dan setelah pembelian, konsumen dari bisnis #HaloKawan memiliki pengalaman yang menyenangkan. Merupakan hal penting untuk membuat pengalaman pelanggan yang positif.

Bermanfaat? Yuk share artikel ini ke temen-temen #HaloKawan supaya bisa nyobain bikin loyalti program!


Written by: Annisa Widi Astuty

Source:

  1. https://www.shopify.com/id/blog/loyalty-program
  2. https://www.linovhr.com/loyalty-program/
  3. https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/05/110000469/mengenal-wom-word-of-mouth-marketing?page=all