#HaloKawan beberapa tahun terakhir, K-Pop sudah menjadi fenomena internasional.
Nggak hanya populer dengan budaya dan industri musiknya saja, girl dan boy group asal negeri ginseng ini juga berhasil menarik perhatian dunia.
Selain industri musiknya yang semakin populer, 'The Power of K-Pop' juga menghiasi industri fesyen.
Diketahui memang banyak luxury brand yang menjadikan idol K-Pop sebagai Brand Ambassador, salah satunya adalah Christian Dior.
Rumah fesyen asal Paris ini sudah sejak lama menjalin hubungan kerjasama dengan selebritis Korea Selatan untuk memasarkan produknya.
Sebut saja Sehun EXO, Cha Eun Woo ASTRO, Yeri Red Velvet, Jisoo BLACKPINK hingga yang terbaru Jimin BTS didapuk menjadi brand ambassador untuk brand Dior.
Ngomongin soal brand ambassador, #HaloKawan tahu nggak sih kalo pemilihan brand ambassador adalah salah satu strategi luxury marketing, lho!
"Apa tuh Minka luxury marketing?"
Strategi Luxury Marketing
Dikutip dari Top Marketing School, luxury marketing adalah strategi pemasaran untuk barang-barang mewah (luxury goods).
Karena iklan luxury brand nggak pernah muncul di televisi atau di billboard, Salah satu strategi marketing luxury brand adalah pemilihan brand ambassador.
Luxury brand memanfaatkan popularitas dan pengaruh idol K-Pop untuk mendukung strategi branding dan memasarkan produk mereka.
Nggak hanya memposting foto dan video materi promosi brand, brand ambassador juga menjadi representasi dari brand tersebut.
Oleh karena itu, luxury brand pasti akan memilih brand ambassador yang memang memiliki popularitas dan memiliki audiens yang sesuai dengan buyer persona.
Pemilihan idol K-Pop sebagai wajah dari sebuah produk tentu merupakan sebuah strategi bagi top brand dunia untuk menjangkau pasar lebih luas.
Terutama younger generation yang kebanyakan menyukai K-Pop, and Korean culture in general.
Memiliki visual yang menawan serta popularitas mendunia, it's no surprise jika idol K-Pop memberikan impact yang nggak main-main.
Contohnya saja, Sejak Jisoo BLACKPINK ditunjuk sebagai brand ambassador, keuntungan Dior meningkat dua kali lipat dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp2,5 triliun.
Atau Jimin BTS yang juga menorehkan rekor yang sangat fantastis usai dirinya terpilih sebagai Brand Ambassador terbaru Dior.
Menurut data Investing.com, saham Dior telah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, sebesar 857 dolar AS atau Rp12,9 juta.
Capaian ini hanya terpaut 2 hari setelah Dior mengumumkan kerja samanya dengan Jimin BTS.
Member idol group memang dikenal sangat mudah untuk menaikkan nilai saham suatu jenama mode dunia.
Sebab ketika salah satu anggota menerima kesepakatan endorsement, para penggemar akan secara otomatis memborong produk-produk yang mereka endorse sebagai bentuk dukungan untuk idolanya tersebut.
Hal ini lah yang membuat luxury brand beramai-ramai menggandeng personil girl atau boy group kenamaan untuk menjadi brand ambassador. Strategi luxury marketing ini dapat menjadi inspirasi bagi #HaloKawan yang bekerja sebagai marketer di perusahaan yang menawarkan barang sejenis luxury goods.
Waah, menarik banget ya #HaloKawan pembahasan mengenai luxury marketing ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan ya #HaloKawan!
Written by: Mona Lestari Utami
Source:
- https://www.akseleran.co.id/blog/luxury-brand-dunia-gandeng-kpop-idol/
- https://lampung.idntimes.com/hype/entertainment/fatma-laili/9-artis-korea-ternyata-brand-ambassador-dior-ada-idolamu-c1c2?page=all
- https://glints.com/id/lowongan/luxury-marketing-adalah/#.ZB1IV3ZBzIU