Iklan Marjan sudah tayang di televisi nih #HaloKawan, tahu artinya apa? Yup, Kurang dari 10 hari lagi Bulan Ramadhan sudah ada di depan mata.
Dari tahun 2010 hingga sekarang, Marjan konsisten menayangkan iklan produknya di televisi untuk menyambut bulan Ramadhan.
Di setiap tahunnya, Marjan selalu melakukan inovasi iklan yang menarik sehingga menjadikan iklan ini memorable dan selalu dinantikan menjelang bulan puasa.
Tahun ini, Marjan kembali menarik perhatian lewat iklan dengan tema "Baruna San Penjaga Samudra" yang mengisahkan Baruna melawan monster laut dan menyelamatkan para nelayan.
#HaloKawan dibuat tercengang dengan penggunaan Computer Generated Imagery (CGI) dan sinematografi yang apik dimana iklan sirup ini yang dinilai setara dengan film marvel.
Hingga artikel ini dibuat, iklan Marjan edisi 2023 telah ditonton sebanyak 10 juta kali di kanal YouTube.
Nah, dibalik pembuatan iklan Marjan yang mengundang decak kagum, ada rencana pemasaran produk yang melibatkan berbagai strategi.
Memusatkan Pemasaran di Target Waktu Khusus
Strategi pemasaran yang digunakan Marjan adalah strategi Flighting. Strategi ini dilakukan oleh brand yang produknya bersifat musiman.
Dikutip dari investopedia.com, Istilah flighting mengacu pada periode penayangan iklan, sementara periode dimana tiada penayangan iklan disebut hiatus.
#HaloKawan pasti setuju bahwa ciri khas paling menonjol dari sirup Marjan adalah strategi penayangan iklan di waktu mendekati dan selama berlangsungnya bulan Ramadhan.
Combo maut Strategi Branding dan Market Positioning
Keberhasilan brand sirup Marjan mengaitkan kehadiran mereka dengan bulan Ramadhan adalah salah satu tanda bahwa mereka berhasil menerapkan strategi Brand Positioning.
Menurut The Branding Journal, brand positioning dapat digambarkan sebagai sejauh mana brand dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di benak konsumen.
Selain itu, Marjan juga sukses menerapkan market positioning, yaitu kemampuan suatu perusahaan atau brand untuk mempengaruhi persepsi konsumen terhadap merek dagang mereka.
Tujuannya, tidak lain adalah membentuk citra atau identitas produk mereka di benak konsumen secara khusus.
Lewat gabungan keberhasilan mereka dalam melakukan brand dan market positioning, sirup Marjan dengan mudah mengkomunikasikan secara spesifik identitas mereka sebagai brand sirup di bulan Ramadhan.
Melalui strategi flighting, Marjan berhasil mencapai dua hal sekaligus: menghemat waktu dan budget, serta meraih brand positioning yang kuat.
Dari Iklan Marjan #HaloKawan bisa mendapat insight baru ya! Semoga Bermanfaat! Jangan lupa untuk share ke temen-temen yang lain ya!
Written By: Mona Lestari Utami
Source:
- https://glints.com/id/lowongan/brand-positioning-adalah/#.ZA34GHZBzIV
- https://berita.yodu.id/fakta-iklan-marjan-2023/
- https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/iklan-sirup-marjan-yang-epik-strategi-positioning-yang-bikin-brand-melekat-di-benak-konsumen