Meraih rating tertinggi keenam dalam sejarah tvN, drama korea Crash Course in Romance layak disebut sebagai salah satu tayangan yang paling dinantikan di awal 2023 lho #HaloKawan. Drama ini bercerita mengenai pemilik toko lauk bernama Nam Haeng Sun yang tak sengaja dipertemukan dengan pengajar matematika yang sangat terkenal bernama Choi Chi Yeol.

Dua karakter yang bertolak belakang ini rupanya berhasil mencuri hati penonton. Ga cuman bikin penonton kesengsem, drakor ini patut ditiru oleh Halokawan yang punya bisnis dan masih suka bingung ketika menentukan brand personality.

Ini dia beberapa inspirasi ala drakor Crash Course in Romance.

  1. Menjadi brand yang manusiawi alias ga harus selalu sempurna
    Dibalut dengan cerita yang menarik, drama ini menampilkan dua tokoh utama yang jauh dari sempurna. Karakter Nam Haeng Sun yang ceroboh diimbangi oleh pribadi Choi Chi Yeol yang acuh tak acuh dengan sekitarnya.

    Sebagai business owner, tentu Halokawan ingin menampilkan sisi terbaik sebuah brand. Namun, untuk memikat hati konsumen, brand wajib menampilkan sisi humanisnya.

    Jatuh bangun proses pembuatan produk sampai suka duka membangun bisnis merupakan cerita yang bisa bikin sebuah brand punya tempat istimewa di hati konsumen.
  2. Perjalanan brand yang bikin konsumen bersimpati
    Dalam drakor tersebut, Choi Chi Yeol yang selalu merasa hampa dalam hidupnya, perlahan menjadi karakter yang lebih peduli dengan sekitarnya. Sepanjang cerita, perubahan karakter Choi Chie Yeol ditampilkan dengan natural.

    Lika-liku perjalanan dari sebuah brand tentu menjadi elemen yang menarik bagi konsumen. Tak hanya tertarik dengan manfaat produk, konsumen punya tempat istimewa bagi brand yang dirasa dekat pengalamannya.

    Contoh, perkembangan karakter brand dapat ditunjukkan melalui cerita perubahan packaging produk dan alasan di baliknya. Agar konsumen dapat mengikuti perjalanan tersebut, Halokawan dapat memanfaatkan media sosial.
  3. Karakter dan nilai yang dipegang brand
    Siapa yang ikutan gemas melihat Nam Haeng Sun yang tidak sungkan melewati “batas” asalkan bisa membantu orang di sekitarnya? Mengenggam nilai tersebut, tokoh utama ini berhasil bikin emosi penonton naik turun sepanjang alur cerita.

    Agar tampil stand out, nilai yang dianut oleh sebuah brand wajib untuk dikomunikasikan. Contoh, slogan against animal testing yang konsisten digaungkan oleh Body Shop punya tempat khusus di hati konsumen yang peduli terhadap binatang. Karakter dan nilai dari brand adalah salah satu komponen pembeda di mata konsumen.

Nah, sekian tips dari Minka buat Halokawan yang sedang mengembangkan brandnya. Tulis dong kesulitan yang seringkali dihadapin Halokawan ketika mengembangkan sebuah bisnis. Nanti Minka bahas di artikel lainnya ya.


Written by: Bella Bernadette

Source:

  1. https://editorial.femaledaily.com/blog/2023/02/02/tembus-rating-tinggi-ini-alasan-kenapa-crash-course-in-romance-layak-ditonton
  2. https://katadata.co.id/agustiyanti/lifestyle/63df9b6c55db4/sinopsis-crash-course-in-romance-angkat-realita-pendidikan-di-korsel
  3. https://id.theasianparent.com/pelajaran-parenting-dari-crash-course-in-romance