Mengutip Wix, visual identity adalah kumpulan elemen visual yang berfungsi untuk mewakili dan membedakan brand. Atau sederhananya, visual identity adalah sesuatu yang dapat dilihat oleh customer, baik itu logo hingga packaging dari sebuah brand.

Bila #HaloKawan secara tidak sadar mengenal sebuah brand karena ciri warna atau brand mascot yang familiar, maka bisa dibilang visual identity brand tersebut cukup kuat dan menonjol.

Manfaat Visual Identity ini banyak banget, lho!

1. Meningkatkan brand awareness dan recognition

Dengan memiliki visual identity yang kuat, maka akan berdampak pada meningkatnya brand awareness maupun brand recognition.

2. Menjadi pembeda dengan brand kompetitor

Visual identity yang unik dari warna, tipografi, dan karakter tertentu, bisa jadi ciri khas brand yang dapat terus diingat konsumen.

3. Memperkuat hubungan konsumen dengan brand

Visual identity yang konsisten sesuai brand identity dan berbicara pada level emosional pada konsumen akan menggaet konsumen baru.

4. Aset fisik dari brand

Visual identity diwujudkan menjadi aset fisik seperti packaging, seragam karyawan, desain toko, dan lain sebagainya.

Ini dia 4 Elemen Visual Identity yang penting untuk brand #HaloKawan

Punya logo yang unik dan menarik akan membentuk citra dari sebuah brand. Logo juga disebut sebagai identitas sebuah perusahaan sehingga keberadaannya sangatlah penting.

Perkembangan Visual Identity McDonald's
Sumber: id.quora.com

McDonald's adalah salah satu contoh brand yang sudah berdiri lama dan memiliki konsumen yang sangat luas di seluruh dunia.

Logo McDonald's mengalami perubahan bentuk yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, akan tetapi penyederhanaan logo tidak berpengaruh pada brand mereka dan konsumen masih dapat dengan mudah mengenali brand tersebut.

Hal ini karena McDonald’s memiliki visual dan brand identity yang kuat di benak customer.

2. Tipografi

Pemilihan tipografi akan memengaruhi persona brand. Oleh karena itu, pilihlah font dan tipografi yang sesuai dengan persona, tujuan, dan pandangan industri tempat brand berada.

3. Warna

Palet warna akan digunakan untuk segala jenis kebutuhan promosi, sama seperti logo. Penggunaan warna yang konsisten akan membuat orang lebih mengingat brand.

4. Gambar dan Video

Gambar dan video dapat mencerminkan branding bisnis dengan baik, sehingga menjadi alat termudah untuk mempengaruhi masyarakat secara emosional.

_

Jadi, visual identity penting banget kan, #HaloKawan? Selain agar brand mudah dikenal dan diingat, visual identity juga menyentuh sisi emosional customer lewat makna yang dikandung di dalamnya sesuai identitas brand kamu.

Bila informasi ini bermanfaat untuk kamu, jangan ketinggalan informasi lainnya juga tentang branding, marketing tips, dan social media update hanya di HalokaTalks!


Oleh: Mona Lestari Utami

Sumber: