#HaloKawan tahu brand sepatu lokal Adorable Projects? Itu lho, yang sering bikin sepatu dengan desain unik dan warna yang pop banget!
Adorable Projects didirikan oleh perempuan asal Bandung, Iera Hanira bersama suaminya, Fajar Nugraha pada 2008. Berawal dari modal sebesar 180 ribu Rupiah saja, kini Adorable Projects sudah mempekerjakan puluhan karyawan dan ratusan perajin lokal Bandung, lho! Iera punya tujuan untuk memberdayakan komunitas perajin sepatu di Bandung lewat Adorable Projects.
Penasaran bagaimana cara Adorable Projects bisa bertumbuh dan naik daun seperti sekarang? Yuk simak beberapa strategi marketing-nya berikut ini!
Adorable Projects Rajin Ikut Event
Adorable Projects termasuk brand yang rajin eksis di event-event nih #HaloKawan! Sebut saja di Semasa Piknik di Lapangan Banteng pada awal Juni, dan Social Chic di awal Juli ini.
Mereka juga sering update keseruan Adorable Projects dalam event lewat Story Instagram sehingga follower pada tertarik untuk ikut berkunjung memeriahkan event.
Ikut event sangat bermanfaat untuk brand, khususnya small business untuk meningkatkan brand awareness. Khalayak jadi mengetahui adanya brand kamu, dan tertarik mengenal lebih jauh bila booth terlihat menarik.
Event jadi kesempatan kamu berinteraksi dengan konsumen secara langsung dan networking dengan sesama bisnis. Kamu juga bisa memberikan promo khusus event, yang membuat pengalaman belanja konsumen lebih berkesan sehingga brand kamu bisa diingat.
Sesekali, brand kamu bisa melakukan sesuatu yang “wah” dalam event, seperti tema dekorasi yang kreatif, mengajak orang untuk melakukan aktivitas tertentu, atau mengundang pembicara yang terkenal. Dengan begitu, media lokal dapat meliput dan menjadi promosi tambahan untuk brand kamu yang dapat meningkatkan revenue dalam jangka panjang.
Visual Nyentrik Adorable Projects yang Mendorong Konversi
Strategi marketing selanjutnya adalah visual yang ngejreng dan high quality! Co-owner Adorable Projects, Iera Hanira, menemukan bahwa warna-warna cerah dan pop lebih digemari Gen-Z sehingga membantu Adorable Project meningkatkan konversi.
“Produk-produk Adorable Project memiliki desain yang cerah, lucu dan unik dengan sedikit sentuhan feminin yang menjadi ciri khas Adorable Projects. Hasilnya, pasar kami pun kini meluas ke Gen-Z yang memang tertarik dengan desain unik, lucu dan tidak biasa," ucap Iera kepada Kompas (15/6/23).
Visual marketing terbukti bisa menguntungkan untuk penjualan retail, #HaloKawan! Hal ini karena visual seperti foto dan video menyampaikan pesan 60 ribu kali lebih cepat daripada tulisan. Brand yang menggunakan konten visual melihat tingkat konversi yang 7 kali lebih tinggi daripada brand yang tidak memanfaatkan konten visual.
Kamu bisa memaksimalkan konten visual kamu dengan gambar berkualitas HD, sehingga konsumen bisa zoom dan melihat detail dengan sangat jelas. Selain itu, membuat product page yang memperlihatkan konteks pemakaian produk juga jadi solusi. Jangan lupa untuk melakukan A/B Testing untuk mengetahui visual marketing seperti apa yang cocok dengan audiens kamu!
Melakukan Giveaway yang Memperkuat Loyalitas Konsumen
Baru-baru ini Adorable Projects mengadakan giveaway yang bekerjasama dengan House of We.Kala di Instagram. Giveaway biasanya ada syaratnya #HaloKawan, seperti komentar dan tag beberapa orang, atau harus main game dan menjawab di kolom komentar dan sebagainya.
Dengan mengajak followers untuk berpartisipasi lewat cara tertentu, giveaway jadi cara yang efektif untuk meningkatkan engagement. Ditambah dengan kolaborasi, giveaway Adorable Projects jadi cara efektif untuk meningkatkan brand awareness dan digital presence kedua brand yang mengadakan.
Mengadakan giveaway secara cuma-cuma kepada followers juga jadi kesempatan brand membangun citra yang baik. Pemenang giveaway tentunya jadi senang dan akhirnya akan loyal kepada brand.
Baca Juga: Lenovo Indonesia: Membangkitkan Loyalitas Komunitas dengan Giveaway
Berani Ekspansi Multichannel E-Commerce
Berekspansi ke e-commerce dengan multichannel sangat membantu perkembangan Adorable Projects. Iera mengaku, awalnya ia hanya fokus ke penjualan Adorable Projects secara offline. Namun seiring waktu, ia menyadari harus memperluas pasar Adorable Projects.
Cara utama Adorable Projects memperluas pangsa pasar adalah dengan mulai berekspansi ke e-commerce. Hal ini karena e-commerce mampu menjangkau pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia, dan menyasar kepada target audiens Adorable Projects yaitu Milenial dan Gen-Z.
Lewat e-commerce juga, Iera dan Adorable Projects dapat mengobservasi tren-tren fashion yang ada di masyarakat sehingga dapat menjadi ide untuk mengembangkan produk baru. Beberapa e-commerce juga menyediakan fitur menarik atau program pelatihan yang bisa meningkatkan pertumbuhan small business.
“Dari Lazada Seller Center misalnya, saya bisa mengetahui tren yang lagi digemari anak muda. Awalnya pasar Adorable Projects kebanyakan didominasi oleh generasi milenial, namun seiring berjalannya waktu, bahkan banyak sekali Gen-Z yang membeli produk kami karena kami juga berusaha menyesuaikan produk kami dengan tren yang sedang berkembang," ungkap Iera.
Baca Juga: Omnichannel Marketing: Integrasi Platform untuk Pengalaman Belanja yang Lancar!
Perjalanan Adorable Projects untuk sampai ke titik sekarang ini tentu tidak mudah #HaloKawan. Semoga beberapa strategi yang MinKa bahas bisa jadi inspirasi untuk kamu yang sedang memulai small business!
Jika #HaloKawan ingin terus update dengan brand news, marketing tips, dan social media update, jangan lupa untuk ikuti terus HalokaTalks ya!
Penulis: Annisa Widi Astuty
Penyunting: Stephanie Regina, Deborah Patricia, Gracia Yolanda Putri
Sumber:
- Kisah Sukses Adorable Projects, Bisnis Fesyen dengan Modal Awal Rp 180.000 (Juni 2023)
- Kisah perjalanan Adorable Projects rintis usaha sepatu dan aksesori (Juni 2023)
- How to Use Visuals to Increase eCommerce Conversions (Juni 2023)
- 7 Ways Hosting an Event Can Benefit Your Small Business (September 2019)
- Lenovo Indonesia: Membangkitkan Loyalitas Komunitas dengan Giveaway (April 2023)