Jimin dengan Dior, Suga dengan Valentino, J-Hope dengan Louis Vuitton, RM dengan Bottega Veneta, V dengan CELINE. Kali ini, sang maknae Jung Kook menerima partnership dengan Calvin Klein!

Calvin Klein menggaet Jung Kook BTS sebagai brand ambassador Calvin Klein Jeans dan Calvin Klein Underwear lewat video kampanye monokrom khas yang dirilis pada Selasa, 28 Maret 2023. Pada kampanye tersebut, Jung Kook mengenakan busana terbaru Calvin Klein, di antaranya Straight Denim and Body Jeans, Relaxed Fit Denim Shirt, Oversized Denim Jacket dan Relaxed Fit Standard Logo Crewneck Tee.

Peluncuran kampanye tersebut menjadi unggahan yang paling banyak di-like di Twitter pada 28 Maret 2023, sebanyak 465.225 kali. Likes kampanye Jung Kook di Instagram Calvin Klein (2.158.335 likes)  juga melebihi kampanye Kendall Jenner. Media fesyen Highsnobiety mengatakan bahwa iklan Jung Kook bersama Calvin Klein merupakan kampanye terbesar Calvin Klein.

ARMY tentunya sangat antusias menyambut Jungkook sebagai brand ambassador Calvin Klein. Hal tersebut diperlihatkan lewat trending-nya frasa “HIS WAIST” di seluruh dunia pada hari peluncuran, sebanyak 15 ribu Tweet. Busana yang dikenakan Jung Kook saat kampanye juga ludes di situs Calvin Klein Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, dan Cina.

Tak hanya itu, saham PVH juga dilaporkan naik 19% setelah mengalami stagnan pada bulan sebelumnya, dari 73.67 USD menjadi 87.63 USD. Kenaikan saham ini terjadi tak hanya karena kampanye Jung Kook X Calvin Klein, tapi juga karena PVH Corporation merilis laporan pendapatan kuartal empat dengan hasil yang cukup baik.

https://www.google.com/finance/quote/PVH:NYSE?sa=X&ved=2ahUKEwjPyIi0vIb-AhXewzgGHVJyA9wQ_AUoAXoECAEQAw&q=nyse%3Apvh%20compare
Source: https://www.google.com/finance/quote/PVH:NYSE?sa=X&ved=2ahUKEwjPyIi0vIb-AhXewzgGHVJyA9wQ_AUoAXoECAEQAw&q=nyse%3Apvh%20compare

Entah the Jung Kook effect ini sebelumnya sudah dikalkulasikan oleh Calvin Klein atau tidak. Namun, pemilihan Jung Kook bukanlah tanpa sebab. Selain merupakan anggota boygroup terbesar di abad 21, BTS, Jung Kook juga memiliki komunitas fanbase terkuat dan terbesar di dunia, ARMY.

“Kami dengan bangga mengidentifikasi seorang talenta global yang relevan, yang dampak budaya dan nilainya sejajar dengan kami. Jung Kook adalah salah satu artis paling populer di dunIA: ia memiliki kemampuan langka untuk akrab dengan para audiens internasional lewat musik dan gayanya,” ujar Global Chief Marketing Officer Calvin Klein Jonathan Bottomley.

Source: https://twitter.com/ZarinaHolmes/status/1640711497876930562?s=20
Source: https://twitter.com/ZarinaHolmes/status/1640711497876930562?s=20

Pemilihan kandidat brand ambassador menjadi penting karena merekalah yang merepresentasikan identitas dan mempromosikan sebuah brand lewat kata-kata dan perilaku. Oleh karena itu, brand ambassador tidak memiliki kualifikasi khusus, melainkan siapa saja yang dapat merepresentasikan sebuah brand dengan tepat.

Berikut ini 5 manfaat sebuah brand memiliki brand ambassador menurut sudut pandang Jung Kook X Calvin Klein!

1.Meningkatkan social presence sebuah brand
Kebanyakan ambassador sudah memiliki reputasi sebagai publik figur. Ini berarti mereka sudah memiliki pengikut dan jaringan sosial yang luas, seperti Jung Kook dan ARMY. Hanya dengan satu unggahan, Jung Kook bisa menjangkau seluruh ARMY, dan berpotensi meningkatkan traffic ke situs brand yang bersangkutan.

2.Memperluas pasar brand
Pasar baru bisa terbuka di negara lain dengan bantuan brand ambassador. Meskipun Calvin Klein telah memiliki pasar hampir di seluruh dunia, Jung Kook sebagai brand ambassador menjadi faktor ludesnya beberapa produk Calvin Klein pada situs Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, dan Cina.

3.Brand ambassador memberikan kejujuran
Brand ambassador biasanya mempromosikan dan mendukung sebuah brand karena mereka benar-benar menyukai dan menghormatinya. Mereka pun akan mengiklankan produk brand secara jujur sehingga brand mendapatkan manfaat yang positif. Tak terkecuali Jung Kook, maknae BTS tersebut mengungkapkan kesukaannya pada Calvin Klein di rilisan pers Selasa, 28 Maret 2023.

“Aku sudah lama menggemari Calvin Klein, dan aku sangat senang bisa menjadi global ambassador terbaru mereka. Partnership ini sangat istimewa karena warisan dan nilai-nilai Calvin Klein sangat sejajar denganku. Musik adalah caraku berkomunikasi dengan fans di seluruh dunia, dan aku melihat partnership ini sebagai kesempatan untuk akrab dengan mereka dengan cara baru,” ujar Jung Kook.

4.Memberikan sentuhan manusia kepada brand
Pelanggan dan potential customers lebih mudah mengenali brand yang memiliki wajah. Namun, menggunakan model tidak langsung membuat sebuah brand menarik untuk pelanggan. Melainkan, menggunakan brand ambassador lebih bisa memanusiakan brand dan membuat konsep brand mudah dicerna. Dalam hal ini, Calvin Klein menggunakan Jung Kook agar audiens dengan mudah dapat mengidentifikasikan brand.

5.Brand ambassador membantu menyelesaikan masalah
Memilih brand ambassador yang memiliki kedekatan emosional kepada fans seperti Jung Kook dapat meningkatkan word of mouth dan review positif, sehingga dapat mengubah persepsi publik terhadap sebuah brand. Dengan begitu, review buruk dapat ditangani oleh brand ambassador dengan mudah.

#HaloKawan yang memiliki brand, apakah masih bingung membutuhkan brand ambassador atau tidak? Kalau masih bingung, Haloka Talks menyediakan jasa branding consultation, lho! Selengkapnya bisa #HaloKawan cek di sini!


Written by: Gracia Yolanda Putri

Source:

  1. https://twitter.com/CalvinKlein/status/1640677629404561409?s=20
  2. https://www.pvh.com/news/jung-kook-calvin-klein
  3. https://www.koreaboo.com/news/jungkook-effect-calvin-kleins-latest-collection-reportedly-already-beginning-sell-in-several-countries/
  4. https://www.koreaboo.com/news/bts-jungkook-calvin-klein-stocks-rise-model/
  5. https://www.highsnobiety.com/p/calvin-klein-jungkook/
  6. https://popcrush.com/jungkook-calvin-klein-stocks-surge/
  7. https://www.rappler.com/entertainment/korean-popular-music/bts-jungkook-named-brand-ambassador-calvin-klein-jeans-underwear/
  8. https://blog.radancy.com/2022/10/12/brand-ambassadors-who-are-they-and-what-do-they do/#:~:text=A%20brand%20ambassador%20is%20a,identity%20through%20words%20and%20actions.