#HaloKawan pasti tahu dong di akhir tahun 2022 sampai awal 2023 ini hype banget pertandingan olahraga yang dikemas dalam bentuk entertainment dan dimainkan oleh para selebriti Indonesia. Atau #HaloKawan jadi salah satu penontonnya juga nih? Tenang ga hanya #HaloKawan aja, tapi Minka juga jadi salah satu penontonnya.
Sportainment menjadi gebrakan baru untuk dunia olahraga di era saat ini, di mana melalui acara olahraga yang dibalut dengan hiburan menjadi ajang edukasi sekaligus informasi kepada masyarakat Indonesia dengan cara yang lebih menarik dan menghibur.
Salah satunya sportainment yang berhasil memikat perhatian para netizen Indonesia beberapa waktu ini ialah Vindes Sport dengan eventnya #TibaTibaTenis. Pastinya #HaloKawan tau dong? Event ini mempertandingkan keahlian Raffi Ahmad VS Denny Mahendra atau akrab dikenal Desta dalam bermain Tenis. Kalau #HaloKawan waktu itu dukung yang mana nih?
Wah kalau flashback antusias para netizen akan event ini luar biasa banget loh #HaloKawan. Penjualan 3.000 tiket #TibaTibaTenis berhasil ludes terjual hanya dalam waktu lima menit. Tidak hanya ramai secara on-site, tapi #TibaTibaTennis juga ramai ditonton melalui live streaming hingga tembus 10.9 juta views di kanal Youtube Vindes, dan jadi trending No. 1 di Youtube pada waktu itu.
Wah menarik banget ga sih #HaloKawan, jadi penasaran kan kira-kira gimana sih strategi-strategi yang dilakukan oleh Vindes Sport sehingga bisa menarik ratusan hingga juta audiens hanya untuk menonton sebuah pertandingan olahraga, yuk sini Minka spill jawabannya.
1. Marketing Funnel
Marketing Funnel merupakan sebuah proses yang akan dilalui customer terhadap sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Marketing funnel biasanya dikenal sebagai customer journey yang memiliki empat tahapan yaitu dimulai dari Awareness, Interest, Desire, hingga akhirnya melakukan Action. Berdasarkan tahapan tersebut, untuk sampai pada tahapan action atau aksi, seorang customer akan melewati beberapa tahapan sebelumnya. Jadi marketing funnel ini penting banget loh untuk dilakukan oleh #HaloKawan ketika ingin melakukan sebuah campaign.
Lalu apa hubungannya sama #TibaTibaTennis Minka? Nah kalau diperhatikan target audiens atau mereka yang pada akhirnya membeli tiket maupun menonton bukan berasal dari kalangan penyuka tenis nih #HaloKawan. Oleh karena itu, Vindes Sport melakukan berbagai cara untuk menumbuhkan Awareness, Interest, Desire, hingga pada akhirnya berhasil menjual 3000 tiket dan mendapatkan 10.9 juta penonton di channel Youtubenya. Mau tahu caranya, yuk kita baca di poin selanjutnya.
2. Content Pillar
Pastinya #HaloKawan udah ga asing dong dengan content pillar ini. Content pillar merupakan suatu pegangan atau pedoman yang memastikan konten-konten yang dibuat sesuai dan menjawab strategi marketing #HaloKawan. Biasanya dalam content pillar akan dibagi ke dalam beberapa jenis konten, seperti konten promosi, konten edukatif, konten informatif, hingga konten emosional.
Kembali ke #TibaTibaTennis, Vindes Sport menyiapkan berbagai macam bentuk konten yang sesuai dengan marketing funnel pada bahasan pertama. Beberapa diantaranya nih, Vindes Sport membuat konten-konten seperti perkenalan para pemain, informasi penjualan tiket, informasi kostum, hingga ke konten informatif mengenai cara menghitung poin, teknik memukul, dan sebagainya.
Jadi penting banget nih #HaloKawan untuk menemukan key message yang ada dan mem-breakdown agar konten yang diposting bisa membantu melancarkan strategi marketing #HaloKawan.
3. Campaign Planning
Nah bagian terakhir yang ga boleh kelupaan adalah mengorganisir semua bentuk strategi yang sudah ditentukan dalam perencanaan atau timeline yang telah ditetapkan. Tujuannya agar kampanye yang telah disusun dapat berjalan secara lebih efektif dan terorganisir. Biasanya dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu pra kampanye, kampanye, dan pasca kampanye.
Vindes Sport juga ga melupakan untuk menyusun timeline campaign-nya loh #HaloKawan, dimulai dari pra kampanye yaitu proses penyampaian ide dan konsep ke calon client-nya salah satunya sponsor. #TibaTibaTennis mendapatkan berbagai sponsor-sponsor besar yang turut meramaikan event ini. Kemudian dilanjut saat event berlangsung, semua acara berjalan dengan lancar dan mendapatkan banyak feedback positif. Terakhir melakukan pasca kampanye yaitu evaluasi dari kampanye yang telah dilakukan.
Itu dia beberapa strategi-strategi yang dilakukan oleh Vindes Sport #TibaTibaTennis. Terlihat sederhana namun sangat kompleks untuk dilakukan, eits bukan berarti mustahil untuk dilakukan ya #HaloKawan. Bermanfaat? jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kamu ya!
Kabar gembiranya juga nih, setelah baca artikel ini, #HaloKawan ga perlu bingung lagi, karena sekarang di Haloka memiliki berbagai macam E-Course yang bisa bantu #HaloKawan untuk belajar dan praktek secara langsung untuk mengembang bisnis #HaloKawan. Penasarankan langsung klik link disini.
Written by: Catherine Presilia Gunawan
Source:
- https://glints.com/id/lowongan/marketing-funnel-adalah/#manfaat-marketing-funnel
- https://www.hellosocial.com.au/blog/social-media-basics-what-are-content-pillars
- https://www.linkedin.com/posts/rasendriyazahra_campaign-tiba-tiba-tenis-vindes-activity-6999265298247811072-61vs/?originalSubdomain=my