Kabar baik untuk #HaloKawan small business owner atau content creator, TikTok merilis program Pulse Premier pada Mei 2023 yang mempermudah brand untuk mengiklan dan kreator untuk mendapatkan uang dari TikTok! Simak penjelasannya berikut ini.

TikTok baru saja memperbarui program TikTok Pulse menjadi TikTok Pulse Premier per Mei 2023. Pulse Premier akan memastikan brand dapat menempatkan iklan mereka tepat setelah partner media yang bekerjasama dengan TikTok. Fitur ini berlaku pada konten dan brand dengan konteks lifestyle, entertainment, edukasi, dan olahraga.

Misalnya, bila brand kamu bergelut dalam industri kecantikan, iklan kamu akan ditempatkan pada konten media partner yang juga berbicara seputar kecantikan, sehingga iklan akan lebih tepat sasaran dan kesempatan brand menjadi top of mind menjadi lebih besar.

Adapun partner media besar yang TikTok ajak kerjasama adalah Buzzfeed, DotDash, Meredith, NBCUniversal, UFC, dan WWE. Pulse Premier akan diimplementasikan bersama media-media ini mulai Mei 2023.

Selain untung untuk brand yang ingin memasang iklan, TikTok Pulse Premier ini juga memperbolehkan kreator untuk mendapatkan 50% dari pendapatan iklan yang ditempatkan setelah konten mereka.

Program lainnya dari TikTok Pulse Premiere adalah Max Pulse, di mana TikTok akan menempatkan iklan (selain pada konten partner media) pada 4% konten teratas yang berperforma tinggi di semua kategori konteks konten. Max Pulse ini akan mulai dijalankan pada akhir 2023.

Untuk meningkatkan brand awareness, TikTok juga akan meluncurkan fitur Seasonal Lineups, yang memperlihatkan konten dan iklan brand di TikTok sesuai dengan momen seasonal seperti natal, libur musim panas, dan sebagainya. Fitur ini juga akan diluncurkan pada akhir 2023.

Syarat Menjadi Creator TikTok Pulse 2023

Pada Mei 2022, TikTok telah meluncurkan TikTok Pulse sebagai solusi untuk brand bisa beriklan dengan efektif. Fitur TikTok Pulse sebelumnya telah membantu brand untuk beriklan di For You Page berbarengan dengan konten TikTok yang berkonteks sama, dengan 4% konten TikTok teratas. Content creator juga terciprat untung, dengan mendapatkan setengah dari total monetisasi yang didapat dari iklan yang dipasang setelah konten mereka.

TikTok melaporkan bahwa fitur TikTok Pulse ini telah membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Ad recall penonton dilaporkan meningkat 9.8 persen, dan brand awareness pada penonton meningkat 6.8 persen. Pengguna TikTok  juga dilaporkan 2.6 kali lipat ingin berinteraksi pada iklan TikTok Pulse daripada iklan biasanya.

Namun, #HaloKawan tidak bisa mendaftar menjadi content creator TikTok Pulse begitu saja. Adapun syarat content creator yang bisa menjadi kandidat TikTok Pulse per Mei 2022 adalah sebagai berikut:

  • Berumur minimal 18 tahun;
  • Memiliki minimal 100 ribu followers di TikTok;
  • Posting minimal 5 video dalam 30 hari terakhir;
  • Sudah bergabung TikTok Creator Marketplace; dan
  • Video harus mematuhi TikTok Community Guidelines.

Jika #HaloKawan memenuhi syarat sebagai content creator TikTok Pulse, kamu akan menemukan pemberitahuan seperti ini pada akun:

TikTok Pulse Notice
Sumber: The Leap

Setelah kamu mendapat pemberitahuan di atas, konten kamu otomatis memenuhi syarat untuk dipasang iklan bila menjadi 4% teratas di TikTok. Dengan ketentuan, tentu TikTok Pulse ini lebih baik dijadikan pemasukkan tambahan daripada digantungkan sebagai pemasukkan tetap ya, #HaloKawan.

Peluang bisnis dari TikTok memang sedang besar-besarnya ya, #HaloKawan. Indonesia sendiri dilaporkan sebagai pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia, mencapai 109,9 juta akun. Ini saatnya yang tepat untuk kamu small business owner dan content creator untuk mempromosikan produk dan berkarya di TikTok!

Untuk #HaloKawan yang ingin selalu update dengan brand news, marketing tips, dan social media update, jangan lupa untuk selalu ikuti HalokaTalks!


Ditulis oleh: Dimas Prasetyo

Disunting oleh: Stephanie Regina, Deborah Patricia, Gracia Yolanda Putri

Sumber: