TikTok kini sudah jadi media sosial yang esensial ya, #HaloKawan? Penggunaan semua media sosial tentu meningkat pada masa-masa lockdown Covid-19, salah satunya TikTok. Statistik We Are Social melaporkan bahwa Indonesia jadi negara dengan pengguna aktif TikTok terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat, lho, sebanyak 99,1 juta orang.

Manfaat TikTok Live Shopping Bagi Small Business di Indonesia

Sejak pandemi Covid-19, perilaku belanja menjadi sangat berubah. Antara Maret 2020 hingga Juli 2021, pembelian live commerce naik sebanyak 76 persen di seluruh dunia. Dibandingkan dengan format media e-commerce lain, konversi dari live shopping/ live streaming dilaporkan sepuluh kali lebih tinggi dari biasanya.

Algoritma live shopping TikTok mempermudah small business untuk menemukan pembeli potensial tanpa perlu mencari followers terlebih dulu. Dengan jangkauan live TikTok yang cukup luas untuk menjaring pembeli, small business tak perlu endorse key opinion leader untuk mempromosikan produk lagi.

Jualan dengan live TikTok juga dapat memperlihatkan produk asli yang akan dibeli penonton, sehingga ekspektasi audiens terjaga. Oleh karena itu, #HaloKawan jangan sampai ketinggalan peluang untuk mempromosikan brand-mu lewat Live Shopping TikTok. Simak beberapa tips optimalisasi-nya berikut ini!

Baca Juga: TikTok Live Bisa Bikin Bisnis Semakin Berkembang

5 Tips Optimalisasi Live Shopping TikTok

1. Kenali waktu aktif penonton

Tak cukup hanya mengetahui isu apa yang sedang digandrungi penonton, kamu juga harus tahu kapan waktu aktif para pengguna TikTok, agar bisa memulai live saat mereka berada di dalam aplikasi. Caranya bisa dengan membuat survei sederhana untuk pengikutmu atau memeriksa TikTok Analytics dengan akun Pro untuk tahu kapan waktu aktif pengikutmu sering online.

Untuk mengumpulkan penonton yang menantikan live, kamu juga bisa melakukan penjadwalan TikTok Live Shopping lewat pilihan 'Create an Event' di ikon Calendar. Dengan memberikan pemberitahuan jadwal live, pengikut setiamu bisa menanti kapan kamu melakukan live.

2. Rencanakan alur live

Walaupun live stream mahir menangkap momen spontan di kamera yang bisa menambah kedekatan dengan penonton, sebaiknya kamu tetap merencanakan alur live dari awal hingga akhir agar tidak terlalu bertele-tele dan tetap mencapai tujuan live. Live yang terstruktur dan padat dapat meningkatkan perhatian penonton untuk menonton lebih lama.

Beberapa jenis konten live shopping yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan brand di antaranya adalah demo atau tutorial penggunaan produk, behind the scenes pembuatan produk, acara rilis produk, dan program variety seperti konser kecil-kecilan sambil menyajikan promo.

3. Promosikan live

Setelah dengan menjadwalkan live lewat fitur Calendar TikTok, kamu bisa menambah Related Video yang menunjukkan cuplikan isi live selanjutnya. Berbeda dengan video TikTok biasanya, Related Video dari announcement ini akan menunjukkan tautan live event yang bisa diklik penonton.

Saat live akan dimulai, kamu bisa melakukan direct message kepada pengikutmu untuk mengajak melihat profil, di mana jadwal live akan otomatis terlihat. Saat live stream juga, kamu dan penontonmu tetap bisa membagikan tautannya.

4. Kenali TikTok Live dengan baik

Kenali dan pelajari fitur-fitur live dengan baik seperti menggunakan filter dan efek, menambah moderator, mengundang co-host, dan mengundang guest.

Yang tak kalah penting juga adalah menyalakan fitur Q&A lewat pengaturan Creator. Mengaktivasikan Q&A membuat pertanyaan real time saat live muncul di panel yang berbeda dari stream chat sehingga mudah dilihat dan kamu bisa merespons pertanyaan tersebut dengan lebih cepat.

5. Analisis performa live

Setelah live kamu sukses dilakukan, jangan lupa juga untuk selalu melakukan monitoring untuk mengetahui apakah performa live kamu efektif atau tidak. Selain melihat jumlah pengunjung, kamu juga bisa menganalisis pada bagian mana live kamu yang engaging atau yang membuat orang lost interest. Dari analisis ini, kamu bisa kembali me-review struktur live atau pesan yang kamu sampaikan agar tetap engaging sehingga kamu tidak kehilangan penonton hingga akhir.

Bagaimana 5 tips optimalisasi live TikTok-nya, nih, #HaloKawan? Bila artikel ini bermanfaat dan kamu ingin selalu tahu isu terbaru tentang branding news, marketing tips, dan social media update, ikuti terus HalokaTalks!


Ditulis oleh: Gracia Yolanda Putri

Disunting oleh: Stephanie Regina, Deborah Patricia

Sumber: