TikTok akhir-akhir ini sedang menjadi media sosial yang dibicarakan di banyak kalangan. Popularitas dan keberhasilannya menggiring berbagai kalangan pekerjaan yang pada akhirnya ikut menggunakan TikTok sebagai media strategi pemasarannya. TikTok menjadi media yang sangat berpotensi untuk mengembangkan bisnis di era saat ini.
Dikutip dalam Hootsuite, kini TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif, dan berdasarkan data yang ada penggunaan TikTok Ads kini dapat menjangkau sekitar 825 juta orang dewasa (18+) di seluruh dunia. Wah dilihat dari data yang ada, peluang yang baik nih #HaloKawan untuk memperkenalkan brand #HaloKawan ke target market yang lebih luas sekaligus meningkatkan sales.
#HaloKawan pasti menyadari, banyak di antara bisnis-bisnis menggunakan TikTok Ads sebagai alat untuk menyukseskan kampanye pemasarannya. Diungkap oleh TikTok, 1,5 kali lebih pengguna akan membeli produk setelah melihat produk tersebut diiklankan di TikTok.
TikTok ads secara tidak sadar memiliki peran yang besar untuk meningkatkan sales dan mencapai goals kampanye brand #HaloKawan. Platform TikTok adalah tempat yang tepat untuk digunakan jika #HaloKawan ingin beriklan dengan target audiens khususnya Gen Z.
Sebagai business owner, #HaloKawan sudah mengenal seluk beluk TikTok Ads belum nih? Kali ini Minka mau share informasi seputar TikTok Ads untuk memperkaya ilmu #HaloKawan agar terus bisa mengembangkan brand yang #HaloKawan miliki.
Tipe Iklan di TikTok
- Brand Takeover
Kalau #HaloKawan perhatikan saat masuk ke aplikasi TikTok, pastinya pengguna akan disuguhkan sebuah video promosi dari brand tertentu. Video tersebut merupakan contoh dari iklan dari brand takeover. Iklan ini akan muncul pertama kali dengan durasi 2 sampai 5 detik. Jika #HaloKawan akan menggunakan jenis iklan ini, #HaloKawan perlu mengemas iklan dengan semenarik mungkin, karena pengguna bisa memilih untuk skip konten video #HaloKawan jika dirasa tidak menarik. Jadi pastikan #HaloKawan mengemas pesan dengan jelas, memiliki durasi video yang tidak terlalu lama, dan menggunakan visual yang menarik. - In-Feed Video
Iklan tipe In-Feed Video merupakan jenis iklan yang akan muncul pada halaman FYP pengguna TikTok. Biasanya saat sedang scrolling halaman FYP, pasti #HaloKawan akan menemukan jenis iklan tipe kedua ini. Iklan In-Feed Video bisa #HaloKawan gunakan untuk memperkenalkan brand #HaloKawan, namun tetap pastikan iklan #HaloKawan memiliki CTA atau call to action yang jelas ya. - Hashtag Challenge
Iklan dengan jenis hashtag challenge sedikit berbeda dengan iklan lainnya, jika iklan lainnya muncul pada halaman For You Page (FYP) iklan ini akan muncul pada halaman discovery. Jadi jika #HaloKawan memilih tipe ikan ini, maka iklan akan dimunculkan pada posisi teratas halaman discovery sehingga ketika pengguna TikTok mencari hashtag di halaman discovery dapat menemukan iklan #HaloKawan. - Branded Augmented Reality (AR)
Unik, tipe iklan keempat ini bisa menambah awareness yang sangat besar dan memperluas jangkauan brand #HaloKawan. Iklan dengan tipe branded augmented reality merupakan tipe iklan di mana pengiklan dapat membuat filter dan stiker tersendiri yang berhubungan dengan brand kemudian filter atau stiker ini dapat digunakan oleh pengguna TikTok lainnya. Namun untuk menyukseskannya, #HaloKawan perlu membuat filter atau stiker dalam bentuk yang unik dan menarik sehingga ketika pengguna TikTok lainnya melihat iklan #HaloKawan memiliki keinginan untuk menggunakannya. Ketika langkah ini berhasil maka #HaloKawan bisa meningkatkan brand awareness. - TopView Ads
Iklan dengan tipe TopView Ads merupakan tipe iklan yang akan muncul pada puncak halaman feeds pengguna TikTok. Tipe iklan ini bisa membantu meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa yang #HaloKawan tawarkan. Kelebihan lainnya menggunakan tipe iklan ini ialah durasi iklan yang lebih panjang dibandingkan iklan lainnya yaitu selama 60 detik. Durasi iklan yang panjang ini bisa #HaloKawan gunakan untuk mengemas pesan dengan jelas dan dalam bentuk yang menarik.
Tips Lancarkan Strategi Pemasaran dengan TikTok Ads
- Siapkan Visual & Hook yang Menarik
Untuk menyukseskan kampanye brand #HaloKawan dengan TikTok Ads, langkah pertama yang bisa #HaloKawan lakukan ialah menyiapkan sebuah konten video dengan menggunakan visual yang eye catching, serta hook atau kalimat pembuka video yang memikat hati target audiens. - Call to Action yang Jelas
Pastikan konten video #HaloKawan memiliki call to action atau ajakan yang jelas dan ringkas, sehingga target audiens akan mengikuti atau mengambil tindakan sesuai dengan yang #HaloKawan inginkan. - Kesesuaian Konten
Pastikan iklan #HaloKawan menjangkau atau tepat sasaran sesuai dengan target audiens #HaloKawan dan konten tersebut relevan dengan minat dan preferensi target audiens.
Nah itu dia pembahasan seputar TikTok Ads, seru dan menarik untuk dicoba ya #HaloKawan.
Semoga artikel ini bisa memberikan insight baru untuk #HaloKawan ya. Yuk share artikel ini ke teman-teman #HaloKawan yang membutuhkan ya! Kira-kira next-nya Minka akan bahas social media updates apa lagi ya? Stay tuned #HaloKawan!
Written by: Catherine Presilia Gunawnan
Source:
- https://blog.hootsuite.com/tiktok-advertising/
- https://www.shopify.com/blog/tiktok-ads
- https://www.tiktok.com/business/en/solutions?tt4b_lang_redirect=1
- https://www.appsflyer.com/blog/tips-strategy/tiktok-advertising-tips/